Tips Berbelanja Sebelum Lebaran

Bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa hari, tentu sudah banyak rencana yang akan Anda lakukan, entah menikmati jalannya ibadah puasa, mempersiapkan mudik lebaran, atau yang sering dilakukan adalah berbelanja untuk keperluan lebaran. Tentu banyak hal yang harus dilakukan di saat puasa Ramadhan ini, untuk itu tips berbelanja sebelum lebaran ini semoga bisa memberi tambahan informasi untuk Anda sebelum berbelanja kebutuhan lebaran.

tips-berbelanja-sebelum-lebaran
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/Asada Nami)

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan saat puasa Ramadhan dan lebaran tentu sangat meningkat berkali-kali lipat bila dibandingkan belanja hari biasa. Oleh karena itu, diperlukan kiat khusus agar berbelanja bisa aman dan tidak menggerus anggaran belanja bulanan.

Tips Belanja Persiapan Lebaran

Terkadang seringkali kita tergoda untuk berbelanja hal yang tidak perlu. Apalagi godaan berbelanja sebelum berbuka, sale misalnya, ingin beli segala hal namun saat di rumah disadari yang telah dibeli ternyata tidak dibutuhkan.

Baca juga: Tips Mengatur Belanja Rumah Tangga.

Begitu pula saat berbelanja kebutuhan lebaran, membutuhkan kiat tersendiri agar bisa berbelanja sesuai dengan rencana, antara lain:

  • Jangan berbelanja mendadak.

Jangan berbelanja pada detik-detik terakhir menjelang hari raya. Mengapa? Pada saat itu harga-harga akan membumbung tinggi, terkadang tidak masuk akal.

Oleh karena itu, disarankan berbelanja jauh-jauh hari, di saat itu Anda masih bisa menawar sebab biasanya para pedagang masih belum punya nyali untuk menaikkan harga. Bahkan kalau pun berbelanja di mall atau pasar swalayan, Anda tidak sampai terjebak dalam antrean panjang menuju kasir.

  • Buatlah daftar belanja

Daftar belanja ini akan sangat bermanfaat bila Anda penganut ‘waktu adalah uang’. Hal ini juga akan membantu Anda untuk menemukan barang secara cepat.

  • Perhatikan pula waktu dalam berbelanja

Alangkah kebih baik berbelanja pada pukul 10.00 sampai 12.00. Karena di atas jam tersebut, sering terjadi kepadatan. Semakin sore, kemungkinan jumlah pengunjung yang berbelanja menjadi semakin banyak.

  • Teliti sebelum membeli

Jangan pernah kehilangan sikap teliti meskipun Anda sedang terburu-buru, karena biasanya barang yang dibeli sebelum lebaran sangat banyak. Bila tidak teliti, kuatirnya sesampai di rumah Anda kecewa karena ada barang yang tertinggal.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips berbelanja sebelum lebaran”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berbelanja Sebelum Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel