Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi

Hayyooo siapa yang mengalami masalah dengan disfungsi? Tentu yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan laki-laki. Semua laki-laki pasti pernah merasa khawatir atau bahkan takut saat masalah yang berhubungan dengan kelaki-lakian ini menghampirinya. Tips mengatasi disfungsi ereksi menjadi informasi tepat untuk bisa mengatasi masalah ini.

tips-mengatasi-disfungsi-ereksi
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock By Vladimir Gjorgiev)

Terdapat catatan menarik yang membahas masalah ini, salah satunya yang pernah disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And.,FAACS, dari Pusat Studi Andrologi dan Seksologi, Universitas Udayana, yang menyampaikan cara mengatasi disfungsi ereksi bersama istri. Tentu hal ini menjadi solusi menarik.

Samakah Disfungsi Ereksi Pada Pria dengan Impotensi?

Zaman dahulu, kebanyakan orang menyamakan disfungsi ereksi dengan impotensi. Tetapi beberapa tahun lalu, istilah impotensi sudah tidak lagi digunakan, karena memiliki makna yang tidak jelas dan terlalu luas.

Disfungsi ereksi sendiri berarti ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi penis, untuk bisa melakukan hubungan seksual yang normal.

Tentu, hal ini sangat berbeda antara disfungsi ereksi dengan disfungsi seksual pada pria, seperti hambatan dorongan seksual dan ejakulasi dini.

Baca juga: Tips Mengatasi Kegagalan Orgasme.

Seorang pria yang mengalami disfungsi ereksi, dorongan (gairah) seksualnya tetap ada. Namun ereksinya terganggu, sehingga hubungan seksualnya gagal dilakukan.

Tentu saja keadaan ini berbeda dengan difungsi seksual lainnya, seperti gangguan dorongan seksual. Pada kasus ini, gairah seksualnya terhambat atau malah hilang sama sekali.

Yang menjadi masalah, disfungsi ereksi menjadi hal yang sangat menakutkan karena membuat seorang lelaki menjadi tidak berdaya di depan wanita. 

Penyebab Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu fisik dan psikis.

  • Faktor fisik.

Penyebab dari faktor fisik ini pun bisa dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu disfungsi yang disebabkan oleh gangguan hormon, gangguan pembuluh darah, gangguan saraf, dan penyebab iatrogenik.

Penyebab iatrogenik adalah gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum minuman beralkohol secara berlebihan, efek samping obat, serta akibat operasi di daerah kelamin.

  • Penyebab psikis.

Ada pun penyebab psikis, seperti kekecewaan, kejenuhan pada pasangan, hilangnya daya tarik pasangan, stress yang berlebihan, kekhawatiran dan rasa takut tidak dapat memuaskan pasangan, harapan yang terlalu berlebihan, serta pengertian yang salah tentang seks atau percaya pada mitos seks tertentu.

Sebagian besar penyebab dasar disfungsi ereksi adalah fakstor fisik, berupa salah satu atau lebih penyakit atau gangguan fisik, baik yang disadari atau pun tidak.

Namun apa pun penyebabnya, pada akhirnya setiap pria yang menderitanya akan mengalami hambatan psikis yang mengakibatkan gejala disfungsi ereksi berpotensi menjadi semakin berat.

Cara Mengatasi Disfungsi Ereksi

Untuk menghindari disfungsi ereksi, maka jauhi berbagai kondisi yang berpotensi menyebakan disfungsi ereksi tersebut, baik secara fisik maupun psikis, caranya sebagai berikut:

  • Terapkan gaya hidup sehat, dengan:
    • Makan secara teratur, bergizi dan sehat.
    • Lakukan olahraga secara teratur.
    • Menjaga keseimbangan antara keja dan relaksasi.
    • Jangan menggunakan obat atau ramuan apa pun tanpa mengetahui dengan jelas tentang isi dan indikasinya.
  • Peliharalah komunikasi seksual dengan pasangan.
  • Dapatkan informasi yang benar tentang seksualitas.
  • Hindari suasana monoton dalam kehidupan sehari-hari.
  • Lakukan variasi dalam melakukan aktivitas seksual dan juga rangsangan seksual.

Bila terlanjut mengalami disfungsi ereksi, bagimana perlakuannya?

  1. Pastikan gangguan yang dialami benar-benar disfungsi ereksi, bukan disfungsi seksual yang lain. Tanpa pemerikasaan dan diagnosis yang baik, bisa jadi bukan disfungsi ereksi yang dialami. Hal ini hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan yang benar.
  2. Perlu diketahui penyebab terjadinya disfungsi ereksi, berdasarkan pemeriksaan yang baik dan benar.
  3. Penyebab yang ada harus segera diatasi.
  4. Berikan pengobatan untuk memperbaiki fungsi ereksi, dengan pilihan sebagai berikut:

    • Sec counceling dan sex education, termasuk sex therapy.
    • Obat oral (obat yang diminum).
    • Injeksi langsung pada penis dan melalui saluran kencing.
    • Operasi pemasangan inplan penis.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips mengatasi disfungsi ereksi”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Disfungsi Ereksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel