Memaknai Arti “Kerja Sama”

Memaknai arti “kerja sama” menjadi topik menarik kali ini. Tentunya kata kerja sama sudah sangat sering kita dengar dalam keseharian kita. Bahkan saat masih anak-anak, saat mendapatkan tugas sekolah pun kita sudah diperkenalkan dengan kata kerja sama, untuk bisa menyelesaikan tugas dengan baik bersama teman-teman sekolah.

makna-kerja-sama
Ilustrasi (Gambar: katadata.co.id)

Banyak referensi dan informasi yang membahas tentang maksud dan makna kerja sama. Kali ini memahami kerja sama juga pernah disampaikan oleh Prof. Dr. dr Luh Ketut, seorang staf pengajar pada Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana, dan catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 403.

Kerja Sama adalah Usaha yang Dilakukan Dua Orang atau Lebih Untuk Mencapai Tujuan

Kerja sama memang menjadi sebuah kata penting dalam kehidupan sehari-hari, entah dalam bekerja, berbisnis atau pun aktivitas lainnya.

Banyak orang berusaha bekerja sama dengan orang lain, dalam berbagai bentuk dan tujuan. Memang sebagai mahluk sosial, manusia memang butuh bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita.

Baca juga: Asal Usul Munculnya Bank.

Pada sebagian orang menerjemahkan kerja sama sebagai sesuatu yang ideal, berisi kewajiban saling membantu, saling merasakan dan saling menghargai. Namun sebagian lain mengartikannya sebagai model hubungan yang hanya ada sepanjang dibutuhkan.

Untuk memupuk insan yang mau bekerja sama secara ideal, maka sejak kecil kepada anak harus diajarkan bahwa apa pun hal yang diperolehnya itu sesuai dengan yang ditanamnya. Dan semua perbuatannya akan berdampak pada keturunan, sehingga ia akan berjuang berlandaskan kejujuran dan keikhlasan.

Sebaliknya, jika sejak kecil pada seorang anak sudah ditanamkan bahwa apa pun dapat dilakukan untuk mencapai tujuan, maka ia akan mendapatkan pembenaran atas apa pun yang telah dilakukannya. Tidak peduli harus memutar balikkan fakta dan mengubah sejarah.

Bila ingin tetap melihat kerja sama antar manusia yang jujur, mulailah dengan jujur pada diri sendiri, melahirkan anak yang memahami kehidupan dengan jujur, tabah dan konsisten. Dengan begitu akan muncul anak-anak yang rela mempertahankan kehidupan ini dengan kejujuran, keikhlasan, mengutamakan kepentingan orang banyak, serta saling membantu untuk mencapai yang terbaik.

Itu dia sedikit informasi tentang “Memaknai arti kerja sama”. Semoga sedikit informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Memaknai Arti “Kerja Sama”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel