Ransel Darurat, Tips Antisipasi Saat Bencana

Tidak ada yang tahu dengan kondisi seseorang, bahkan saat rumah atau lingkungan kita terkena yang namanya bencana. Tentu saja yang namanya bencana, tidak ada yang tahu kapan datangnya, bisa muncul kapan saja, dimana saja dan menyerang siapa saja. Maka tidak heran bila banyak yang menjadi korban. Untuk Anda yang saat ini tinggal di daerah rawan bencana, tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya. Begitu pula dengan pembahasan kali ini, ransel darurat, tips antisipasi saat bencana.

ransel-darurat-tips-antisipasi-saat-bencana
Ilustrasi (Gambar: selecthealth.org)

Dengan melihat banyaknya bencana yang terjadi, tentu banyak hal yang diantisipasi. Begitu pula dengan berbagai referensi, salah satunya yang disampaikan oleh Aloysius Heriyanto, yang catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 503.

Ransel Darurat Persiapan Saat Bencana

Memang benar untuk menghindari kerugian maksimal, maka ada baiknya penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana belajar dari masyarakat Jepang, yang kondisi alamnya kaya akan gempa dan bencana.

Hampir semua penduduk di Jepang, khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana, memiliki ransel khusus yang hanya dikeluarkan saat sesuatu yang tak diharapkan datang.

Baca juga: Tips Bertahan Hidup dalam Keadaan Darurat.

Ransel tersebut memuat perlengkapan yang dapat digunakan untuk bertahan hidup pasca bencana.

Ada pun bahan-bahan yang harus dipersiapkan dalam ransel bencana, antara lain:

  • Air dan makanan kemasan yang tahan lama, praktis dimuat dalam tas, dan bisa digunakan untuk bertahan hidup selama beberapa hari.
  • Obat-obatan dan perlengkapan P3K mini yang bermanfaat dalam situasi darurat. Khusus untuk penderita penyakit tertentu, masukkan juga obat-obatan yang berhubungan dengan penyakitnya.
  • Pakaian serbaguna yang hangat. Bisa berupa baju, jaket, topi dmn juga jas hujan.
  • Peralatan komunikasi untuk situasi darurat, bisa HT (Handy-talky) dan atau radio yang sangat berguna untuk saling bertukar informasi, jangan lupa sertakan baterai cadangan.
  • -Peralatan darurat seperti peta, kompas, dan juga lampu senter.

Ransel darurat ini sebaiknya ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga. Dan jangan lupa mengecheck perlengkapan tersebut secara berkala, agar selalu siap digunakan kapan saja.

Itu dia sedikit informasi tentang “ransel darurat, tips antisipasi saat bencana”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ransel Darurat, Tips Antisipasi Saat Bencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel