Tips Memilih Obat Herbal

Siapa yang mengira sejak merebak dan meredanya wabah pandemi Covid-19, membuat masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan. Bahkan mulai banyak masyarakat yang memilih obat herbal untuk menjaga dan menyembuhkan sakit yang menimpa tubuhnya. Tips memilih obat herbal menjadi sedikit referensi untuk Anda agar bisa memilih obat herbal yang tepat.

tips-memilih-obat-herbal
Ilustrasi (Gambar: lancastergeneralhealth.org)

Sebenarnya banyak sekali referensi yang membahas tentang bagaimana agar bisa memilih ramuan dan juga obat herbal yang tepat. Salah satunya yang pernah disampaikan oleh Bimo, yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 537.

Cara Tepat Memilih Obat Herbal yang Aman, Khususnya untuk Obat Herbal Batuk

Tren untuk kembali ke alam, membuat banyak orang saat ini lebih memilih obat herbal daripada obat-obatan konvensional atau obat pabrik.

Kebanyakan masyarakat beranggapan, bahwa dari segi kandungan, obat herbal lebih aman bila dibandingkan dengan obat kimiawi.

Baca juga: Tips Meningkatkan Aktivitas Fisik.

Hal yang harus diingat, bahwa apa pun jenis obatnya, pasti memiliki efek samping.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih obat herbal, antara lain:

  • Cari tahu secara jelas, apa penyebab sakit yang Anda derita.
  • Pastikan mengetahui dengan pasti, kandungan obat yang hendak Anda minum, dengan cara melihat keterangan pada label kemasan obat tersebut.
  • Pastikan obat herbal tersebut tidal menimbulkan alergi.
  • Minumlah obat herbal sesuai dengan takaran yang dianjurkan.
  • Berkonsultasilah dengan dokter, khususnya jika obat herbal (harus) digunakan bersamaan dengan obat kimiawi.
  • Waspadai jika pengguna obat herbal tengah menderita penyakit lain, untuk menghindari komplikasi.
  • Pastikan obat herbal yang digunakan mengandung bahan yang secara spesifik berkhasiat untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Untuk obat batuk misalnya, orang sering menggunakan kencur (Kaempferia galanga) yang mengandung atsiri, kamfer dan sincol yang memiliki efek untuk mengencerkan dahak, atau jeruk nipis (Citrus aurantii fructus) yang memiliki efek untuk mencegah radang tenggorokan.

Itu dia sedikit informasi tentang tips memilih obat herbal. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengobati sakit dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Obat Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel