Tips Menghadapi Lingkungan yang Semakin Tidak Bersahabat

Melihat judul tulisan kali ini, “tips menghadapi lingkungan yang semakin tidak bersahabat”, tentu membawa makna tersendiri. Dalam hal ini bukan perilaku orang-orangnya, namun kondisi lingkungan alam yang sudah tidak sehat, apakah karena polusi atau alam yang sudah mengkhawatirkan.

tips-menghadapi-lingkungan-yang-semakin-tidak-bersahabat
Ilustrasi (Gambar: Freepik/Tartila)

Tulisan kali ini terinspirasi dari sedikit catatan, yang ditulis oleh Mas Bimo dan pernah dimuat juga dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 537.

Saat Menghadapi Kondisi Lingkungan Hidup yang Semakin Mengkhawatirkan

Tidak dapat dipungkiri segala sesuatunya telah semakin berubah. Selain itu, tidak selamanya kita tinggal atau bekerja di lingkungan yang bersahabat, khususnya Anda yang tinggal didaerah perkotaan padat penduduk atau berada di kawasan industri.

Tentu saja yang namanya polusi (baik yang berasal dari kendaraan bermotor, limbah pabrik maupun asap rokok) sudah menjadi hal yang dihadapi sehari-hari.

Baca juga: Tips Bekerja Tanpa Stres.

Begitu pula dengan virus, bakteri, dan radikal bebas yang berkeliaran dimana-mana, bila daya tahan tubuh sedang drop, penyakit pun bisa menyerang.

Sebenarnya, tubuh memiliki sistem daya tahan alami yang terdiri atas 3 lapisan, yaitu:

  1. Kulit, merupakan lapisan paling kasat mata yang bertugas menghalangi masuknya zat asing berbahaya ke dalam tubuh.
  2. Sel imun, yang biasanya langsung bereaksi dan “memakan” zat asing yang lolos, masuk ke dalam tubuh.
  3. Antibodi, yang bekerja saat sel imun gagal menahan laju serang zat asing tadi.

Untuk itu, agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu, dan bisa menghalau dampak buruk lingkungan secara alami, maka kita harus selalu bersiaga dalam menghadapi berbagai gangguan yang berpotensi penyakit.

Cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memastikan daya tahan tubuh selalu terjaga dengan memelihara ketiga lapisan di atas. Caranya mudah, cukup dengan memastikan daya tahan tubuh selalu terjaga dengan memelihara ketiga lapisan di atas. Cukup mulai dengan mempraktikkan hal-hal yang sepertinya sederhana, namun besar manfaatnya, seperti:

  • Membiasakan memasak air hingga mendidih sebelum diminum.
  • Hijaukan lingkungan rumah, agar bisa menyaring debu atau kotoran yang beterbangan.
  • Cucilah tangan setelah melakukan aktivitas tertentu, untuk mengurangi risiko penularan penyakit.
  • Makanlah makanan berantioksidan tinggi dan mengandung mikronutrisi untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga terhindar dari pengaruh buruk radikal bebas yang mengancam kita. 

Semoga informasi tentang “tips menghadapi lingkungan yang semakin tidak bersahabat” ini bermanfaat dan menjadi referensi utnuk kita semua. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghadapi Lingkungan yang Semakin Tidak Bersahabat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel