Apel, Manfaat dan Kandungannya untuk Kesehatan

Hayyooo, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Buah apel, dari mulai anak kecil sampai dewasa pasti mengenal jenis buah favorit ini. Terlepas dengan rasanya yang enak, tentu ada hal yang lebih penting, yaitu tentang apel, manfaat dan kandungannya untuk kesehatan, yang harus diketahui agar bisa mengonsumsi apel untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Apel diperkirakan berasal dari Asia Tengah, dan terdapat puluhan varietas apel, yang memiliki nama Latin “Malus sylvestris” dari keluarga rosaceae.

apel-manfaat-dan-kandungannya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: wearemania.net)

Pada konsumsi sehari-hari, apel bisa dimakan langsung, atau dijadikan campuran salad, dan juga dibuat minuman, untuk jus apel dan cuka apel atau bahkan keripik.

Kandungan dan Manfaat Apel, Termasuk Apel Hijau

Apel mengandung karoten (vitamin A), vitamin C, dan senyawa flavonoid, seperti quersetin yang bersifat antioksidan. Selain itu, juga kalium, asam maklik, tanin dan pektin (serat yang larut dalam air).

Baca juga: Anggur, Buah Segar dan Menyehatkan.

Manfaat apel untuk kesehatan, antara lian:

  • Aman dikonsumsi penderita diabetes mellitus

Apel memiliki indeks glikemik yang snagat rendah sehingga aman diasup oleh penderita diabetes. Selain itu, apel juga mampu berfungsi mengontrol keluarnya insulin agar tidak berlebihan.

  • Menurunkan tekanan darah/hipertensi

Mengonsumsi apel secara teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah, berkat kandungan kalium dan seratnya.

  • Menurunkan risiko jantung koroner.

Pektin pada apel bersifat antikolesterol, karena mampu mengikat kolesterol dan asam empedu untuk dibuang ke luar tubuh.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan mereka yang mengasup apel setiap hari, kadar kolesterol LDL-nya turun dan risiko terkena penyakit jantung koroner berkurang hingga 30%.

  • Mencegah gangguan pencernaan.

Pektin pada apel bekerja memperbaiki otot pencernaan dan ikut mendorong saisa makanan untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Pektin bila berinteraksi dengan vitamin C dapat menyerap kelebihan air dalam usus sehingga mencegah diare. Serat yang terkandung pada apel pun mampu memperlunak feses(mencegah sembelit), serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Quersetin, senyawa fitokimia pada kulit apel, merupakan antioksidan yang potensial mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. 

  • Melindungi liver

Senyawa quersetin membantu mengurangi oksidasi lemak sehingga melindungi liver dari kerusakan oksidatif.

  • Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada apel baik untuk kesehatan mata.

  • Manfaat lainnya untuk kesehatan

Kandungan vitamin A dan C-nya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan influenza dan penyakit infeksi, serta mengurangi risiko asma. Kandungan kaliumnya bersifat diuretik yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal dan kristal asam urat.

Kandungan pektin pada apel paling banyak terdapat pada kulitnya. Untuk mendapatkan manfaat apel, buah ini perlu dimakan bersama kulitnya.

Apabila khawatir tercemar pestisida, sebelum mengonsumsi aple cucilah dengan air mengalir untuk melarutkan pestisida.

Itu dia sedikit informasi tentang “apel, manfaat dan kandungannya untuk kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Apel, Manfaat dan Kandungannya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel