Belimbing Manis, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Belimbing manis, sebutan untuk buah berwarna kuning berusuk lima yang banyak ditanam di halaman rumah. Selain ditanam sebagai pohon penyejuk, buah belimbing juga bisa dikonsumsi. Untuk itulah, kali ini akan dibahas, buah belimbing manis, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan.

belimbing-manis
Ilustrasi (Gambar: Soleman via tabloidsinartani.com)

Belimbing manis memiliki nama Latin Averrhoa carambola, L dari suku oxalidaceae, buah ini oleh orang barat disebut dengan star fruit, karena buah ini bila dipotong melintang akan berbentuk seperti bintang.

Manfaat Belimbing Manis untuk Kesehatan, Ada yang Diolah dalam Bentuk Manisan Belimbing

Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang harus diperhitungkan adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Baca juga: Bayam, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Adapun manfaat belimbing manis untuk kesehatan, antara lain:

  • Mencegah dan menurunkan hipertensi.

Buah ini sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi. Hal ini disebabkan karena buah ini kaya kalium yang membuat yang mengonsumsi akan sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah menjadi terkendali.

Selain itu, serat yang terkandung dalam pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

  • Menurunkan kolesterol

Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Hal ini membuat kadar kolesterol dalam tubuh pun menurun.

  • Melancarkan buang air kecil (diuretik)

Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

  • Menurunkan berat badan.

Buah belimbing manis ini banyak mengandung air dan kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori).

Serat yang terkandung pada belimbing memiliki peran besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

  • Mengatasi gangguan liver

Antiradang yang dimiliki belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

  • Khasiat lainnya

Selain berbagai khasiat dan manfaat seperti yang disampaikan di atas, ternyata belimbing bisa membantu menurunkan demam dan mengatasi radamng tenggorokan. Semuanya berkat kandungan airnya yang banyak.

Tips Sehat

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari belimbing manis ini maka pilihlah buah yang sedang masak, yaitu buah yang berwarna kuning, karena jika masih muda belimbing ini rasanya asam.

Itu dia sedikit informasi tentang “belimbing manis, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Belimbing Manis, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel