Buah Ajaib yang Bisa Mengubah Rasa

Setelah sekian lama tidak membahas tentang berbagai tanaman, kali ini ada yang menarik, yaitu tentang buah ajaib, yang bisa mengubah rasa dari asam menjadi manis. Tentu Anda kaget, kok bisa? Apa benar buah ini bisa mengubah rasa?

buah-ajaib-si-miracle-fuit
Ilustrasi (Gambar: alodokter.com)

Rasa penasaran akan buah ajaib ini tentu menggelayut dalam pikiran Anda, begitu pula Saya. Namun catatan dari A.F. Margianasari, yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 355, membuktikan keberadaan buah ajaib ini.

Buah Ajaib Miracle Fruit, Si Pengubah Rasa Minuman Masam Menjadi Sebaliknya

Ajaib, mungkin kata-kata ini yang bisa Anda sampaikan, apalagi setelah mencoba buah ini. Tentu Anda harus mengunyah buah ajaib ini terlebih dahulu, baru mengunyah buah yang rasanya masam tadi, misalnya jeruk.

Jeruk yang rasa aslinya masam secara ajaib berubah menjadi manis. Ternyata fenomena aneh tersebut bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan. Setelah diteliti, ternyata buah yang memiliki nama ilmiah Synsepalum dulcificum mengandung senyawa kimia glikoprotein, yang diberi nama dengan “miraculin”.

Pada saat buah ajaib ini dimakan, maka senyawa miraculin ini akan bekerja dengan melapisi bagian saraf di lidah yang bertanggung jawab terhadap rasa masam.

Baca juga: Jambu Air Citra, Jambu Asli Indonesia.

Karena terlapisi, maka saraf menjadi mati rasa. Saat ada bahan asam yang lewat, lidah akan merespons rasa asam sebagai rasa manis. Dengan kata lain, lidah dikelabui sehingga lidah mengganggap asam sebagai gula.

Namun yang harus diketahui adalah efek ini hanya bekerja di lidah saja, karena miraculin tidak mengubah senyawa asam menjadi gula. Miraculin hanya mengelabui saraf lidah sehingga menganggap asam sebagai lidah. Saat lolos dari lidah, maka makanan-makanan asam akan tetap direspons sebagai asam oleh organ pencernaan. Lambung dan perut tetap akan mengenali rasa buah sebelumnya.

Efek aneh ini akan bertahan di lidah selama sekitar setengah jam sampai satu jam. Bila pengaruh miraculin lewat atau sudah habis, maka semua masakan dan hal yang asam akan kembali masam atau kembali ke sifat aslinya.

Asal Usul Pohon Buah Ajaib

Berdasarkan sejarahnya, tanaman ini ternyata bukan asli Indonesia, melainkan berasal dari Ghana, Afrika Barat. Namun di Indonesia punya saudara dekat yaitu buah sawo.

Terdapat dua jenis buah ajaib, yaitu Synsepalum dulcificum dan Synsepalum subcordatum.

Pada Synsepalum dulcificum, berupa tanaman kecil dengan daun runcing dan buah yang kecil-kecil, Sedangkan pada Synsepalum subcordatum berupa tanaman kecil namun memiliki daun dan buah yang berukuran lebih besar, juga lebih rajin berbuah dibanding Synsepalum dulcificum.

Tanaman ini memiliki bentuk yang pendek, seperti tanaman perdu. Pohonnya pun kecil dengan pertumbuhan percabangan dan ranting yang sangat lambat. Buah ini mulai berbuah pada umur 2 sampai 3 tahun sejak disemai. Pada umur tersebut tanaman biasanya mencapai tinggi sekitar 30 cm. Buahnya matang saat berumur 30 sampai 45 hari sejak bunga mekar, dengan bentuk oval dengan ukuran kecil, mirip buah melinjo. Saat matang, warna kulitnya merah cerah. Rasa buah ajaib sendiri sebenarnya tidak manis namun hambar sedikit asam.

pohon-buah-ajaib-si-pengubah-rasa
Ilustrasi (Gambar: gardenerspath.com)

Di Indonesia sebenarnya ada buah yang hampir sama dan mempunyai efek mirip buah ajaib, yang bisa mengubah rasa makanan tidak manis menjadi manis. Buah ini sudah dikenal sejak lama sebagai marasi, parasi, atau lemba. Nama ilmiahnya adalah Curculigo latifolia, yang termasuk keluarga Hypoxidaceae.

Tanaman ini merupakan tanaman herba yang umum tumbuh di hutan di seluruh wilayah Indonesia. Buah marasi berwarna bening keputihan dengan rasanya yang asam manis.

Di Jawa Barat buah marasi biasa dimakan sebagai perangsang nafsu makan dan juga obat sakit kepala, juga biasa dikonsumsi sebagai penambah tenaga karena rasa manisnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “buah ajaib yang bisa mengubah rasa’. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Buah Ajaib yang Bisa Mengubah Rasa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel