Daun Katuk, Kandungan dan Manfaatnya

Nama tumbuhan yang satu ini sudah sangat familier dalam kehidupan sehari-hari, apalagi berhubungan dengan ibu melahirkan dan sedang menyusui anaknya. Daun katuk, menjadi salah stau tumbuhan yang berperan dalam memperlancar ASI, namun tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari tumbuhan ini. Tertarik dengan hal tersebut, maka di bawah ini akan disampaikan tentang daun katuk, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan.

daun-katuk-kandungan-dan-manfaatnya
Ilustrasi (Gambar: Rumah123)

Daun katuk berasal dari tanaman perdu, yang memiliki nama Latin “Sauropus adrogynus (L) Merr, famili dari euphorbiaceae. Daunnya berwarna hijau, yang sering juga dijadikan sayur, mulai dari sayur bening, urap daun katuk dan gulai.

Daun Katuk Manfaat dan Kandungannya untuk Kesehatan

Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong.

Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari kedua jenis daun tadi. Daun katuk juga kaya akan vitamin A, B dan C.

Baca juga: Belimbing Manis, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin flavonoid, dan alkaloid papaverin yang berpotensi sebagai bahan obat alami.

Terdapat manfaat daun katuk untuk kesehatan, antara lain:

  • Daun Katuk Pelancar ASI

Di Indonesia, daun katuk dikenal sebagai pelancar ASI berkat kandungan protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya.

  • Mencegah gangguan mata

Di dalam tubuh, kandungan betakaroten yang tinggi (vitamin A) dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

  • Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium pada daun katuk cukup baik, dan sangat cocok diasup oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis.

  • Mencegah hipertensi

Kadar kalsium yang sangat rendah bisa menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

  • Untuk menjaga kesehatan pria.

Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid, seperti progesteron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitalitas seksual, memacu kualitas dan kuantitas sperma.

  • Manfaat Lainnya

Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi bisa mengatasi anemia.

Yang Harus Diperhatikan dalam Mengonsumsi Daun Katuk

Daun katuk memiliki banyak manfaat, namun jangan dikonsumsi lebih dari 50 gram per hari secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena senyawa glukokortikoid bisa mengganggu penyerapan kalsium dan fosfor.

Efek negatif lainnya, bisa menyebabkan insomnia, tidak enak makan, dan sesak napas. Khusus ibu hamil, tidak disarankan mengonsumsi daun katuk karena akan mempengaruhi kondisi janin.

Itu dia sedikit informasi tentang “daun katuk, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Daun Katuk, Kandungan dan Manfaatnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel