Jambu Biji, di Balik Kenikmatan, Ada Manfaat untuk Kesehatan

Jambu biji memang terkenal karena banyak bijinya. Itu pula yang menjadikan topik kali ini, jambu biji, di balik kenikmatan, ada manfaat untuk kesehatan.

Jambu biji memang memiliki beberapa sebutan, seperti jambu klutuk. Bahkan jambu biji juga memiliki Latin yang disebut dnegan Psidium guajava L dari keluarga myrtaceae.

jambu-biji-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/Murilo Mazzo)

Ia juga termasuk kategori tanaman tropis yang berasal dari Brazil, yang kemudian menyebar ke Indonesia melalui Thailand. Buah tanaman ini berwarna hijau dengan daging buahnya ada yang putih dan ada yang merah.

Kandungan dan Manfaat Jambu, Mulai dari Jambu Biji Merah hingga Jambu Biji Putih untuk Kesehatan

Jambu biji sangat kaya akan vitamin C, lebih tinggi dari jeruk, dan juga jauh lebih tinggi dari kiwi.

Disamping serat, terutama pektin yang merupakan serta larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan ganesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fiokimia yang berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleta dan asam korbigen.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan.

Terdapat beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan, antara lain:

  • Mempercepat penyembuhan akibat infeksi

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jambu biji bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila diasup saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

  • Mencegah kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker.

Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

  • Mencegah jantung koroner

Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

  • Mencegah diabetes mellitus

Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok diasup oleh penderita diabetes.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Jambu biji bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat kadar kaliumnya, sertanya juga mampu mengikat lemak.

  • Manfaat lain-lain

Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk menyebuhkan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi dan antivirus.

Menurut penelitian, daun jambu biji bisa membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah.

Sedang buahnya sering dijus kemudian diberikan pada penderita demam berdarah, memang tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit, tapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang karena penurunan trombosit.

Itu dia sedikit informasi tentang “jambu biji, di balik kenikmatan, ada manfaat untuk kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jambu Biji, di Balik Kenikmatan, Ada Manfaat untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel