Jeruk Manis, Kandungan dan Manfaatnya Semanis Rasanya

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Rasanya enak dan punya khasiat untuk kesehatan menjadikan buah ini banyak dicari. Maka tidak salah kalau jeruk manis, kandungan dan manfaatnya semanis rasanya, menjadi judul kali ini. Sangat menarik bukan?

jeruk-manis-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: galasari.id)

Tidak dapat dipungkiri, jeruk baik yang lokal maupun yang impor memang banyak dicari, hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C-nya yang baik untuk kesehatan menjadikan jeruk menjadi salah satu buah favorit.

Nama Latin Jeruk Manis

Jeruk manis adalah buah yang memiliki bentuk bulat, dengan kulit berwarna kuning, meskipun ada pula yang berwarna hijau. Jeruk manis memiliki nama Latin “Citrus sinensis” dari keluarga nutaceae.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Manis Kecil untuk Kesehatan

Kandungan vitamin C pada jeruk cukup tinggi sehingga tidak mengherankan buah ini dianggap sebagai salah satu sumber antioksidan terbaik.

Serat pada jeruk termasuk dalam jenis larut di dalam air, yaitu pektin.

Baca juga: Jambu Biji, di Balik Kenikmatan, Ada Manfaat untuk Kesehatan.

Terdapat manfaat jeruk manis untuk kesehatan, yaitu:

  • Menyembuhkan selesma.

Selain kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, flavonoid pada jeruk, menurut Palissero (1996) bersifat antivirus yang bisa menghambat pelepasan histamin (sering terjadi pada penderita selesma maupun alergi). Oleh karena itu, mereka yang sedang menderita selesma perlu banyak mengonsumsi jeruk untuk mempercepat penyembuhan.

  • Mengobati sariawan

Jeruk yang kaya vitamin C menjadi obat alami anti sariawan.

  • Melindungi dari kanker

Jeruk manis ampuh dalam mencegah kanker, karena adanya kandungan karotenoidnya yang berperan sebagai sumber vitamin A. Kemudian kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid seperti hesperidin. Senyawa monoterpenes-nya bahkan memiliki 2 manfaat, yaitu melindungi sel dari kanker dan melawan kanker.

  • Mencegah jantung koroner

Karotenoid pada jeruk bisa mencegah penyakit kardiovaskuler. Jeruk juga sumber asam folat yang potensial, bisa menurunkan kadar homosistein (racun bagi dinding pembuluh darah) sehingga risiko penyakit kardiovaskuler berkurang.

Kandungan vitamin C pada jeruk manis berfungsi untuk mencegah oksidasi LDL yang mengakibatkan terbentuknya plak pada pembuluh jantung.

Pektin serta senyawa flavonoid pada jeruk akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kadar kolesterol ‘baik’ HDL.

  • Manfaat lain-lain

Vitamin C pada jeruk bisa mencegah ketidaksuburan pada pria dengan cara mencegah kerusakaan DNA pada sperma. Seratnya juga mencegah sembelit.

Hal yang Harus Diperhatikan

Air jeruk buatan sendiri lebih baik karena pasti tanpa zat pengawet dan zat pewarna. Selain itu air jeruk kemasan yang melalui proses pasteurisasi akan kehilangan sejumlah kandungan vitamin C-nya.

Itu dia sedikit informasi tentang “jeruk manis, kandungan dan manfaatnya semanis rasanya”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jeruk Manis, Kandungan dan Manfaatnya Semanis Rasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel