Kacang Hijau, Kecil Ukurannya, Besar Manfaatnya untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan kacang hijau? Sebagian besar masyarakat lebih banyak mengenal kacang hijau, karena manfaatnya untuk campuran makanan, seperti bubur, isi onde-onde, es puter bahkan bakpia khas Yogyakarta. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kacang hijau, kecil ukurannya, besar manfaatnya untuk kesehatan.

kacang-hijau-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: aido.id)

Kacang hijau memiliki nama Latin. “Phaseolus radiatus” dari keluarga leguminoceae (kacang-kacangan) yang dianggap sebagai sumber bahan makanan padat gizi.

Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Termasuk Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau termasuk bahan makanan yang tinggi daya cernanya (tidak menghasilkan gas saat dikonsumsi).

Itu sebabnya kacang hijau sangat cocok diberikan pada bayi yang sudah mulai diberi makanan pendamping ASI dan juga untuk para lansia (lanjut usia).

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan.

Selain kaya serat, kacang hijau mengandung vitamin B kompleks, provitamin A, zat besi, kalsium dan fosfor.

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan, antara lain:

  • Mengobati anemia

Kacang hijau sudah dikenal lama sebagai obat anemia. Namun tidak semua anemia bisa dibantu oleh kacang hijau, yaitu hanya anemia akibat kekurangan zat besi.

Kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi diantara kacang-kacang lainnya.

  • Membantu pertumbuhan bayi dan anak

Secara turun temurun, ibu yang sedang hamil sering diingatkan untuk rajin mengasup kacang hijau. Anjuran ini ada benarnya karena kacang hijau kaya akan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, termasuk sel rambut.

Itu sebabnya, seringkali bayi dan ibu yang rajin mengasup kacang hijau rambutnya lebat. Begitu pula dengan bayi yang mulai mengasup makanan pendamping ASI bila diberi kacang hijau, pertumbuhannya akan maksimal berkat kandungan vitamin B kompleks. Vitamin ini membantu kelancaran proses pencernaan sehingga lebih banyak zat gizi yang terserap.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi, dipadu kadar lemak tak jenuh akan membuat kacang hijau cocok diasup oleh mereka yang hendak menurunkan berat badan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak membentuk plak, penyebab serangan jantung dan stroke. Lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang disebut-sebut bisa menurunkan kolesterol.

  • Menguatkan tulang

Kandungan kalsium dan fosfornya baik bagi kesehatan tulang, termasuk pertumbuhan tulang pada anak, serta menguatkan tulang (mencegah osteroporosis) dan gigi.

Itu dia sedikit informasi tentang “kacang hijau, kecil ukurannya, besar manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kacang Hijau, Kecil Ukurannya, Besar Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel