Kacang Panjang, Sayuran Si Pencegah Jantung Koroner

Satu lagi sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah kacang panjang. Sepintas sayuran ini seperti sayuran yang tidak berkelas. Namun siapa yang mengira kalau pada beberapa kurun waktu ini terdapat perubahan yang memberikan informasi positif tentang sayuran ini, sehingga banyak yang menyebut “kacang panjang, sayuran si pencegah jantung koroner”.

Dalam kehidupan sehari-hari, kacang panjang sebenarnya sangat sering digunakan sebagai sayuran, misalnya untuk sayur asam, bahkan sajian kuliner tradisional Indonesia seperti gado-gado dan pecel, sering menggunakan kacang panjang sebagai sayur utama dalam sajiannya.

kacang-panjang-sayuran-pencegah-jantung-koroner
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/Wempy Dyocta Koto) 

Kacang panjang adalah buah polong-polongan berwarna hijau, ada pula varietas yang berwarna hijau muda dan hijau tua. Kacang panjang memiliki nama Latin, “Vigna sinensis Endl”, dari keluarga papilionaceae.

Kacang Panjang Manfaatnya untuk Kesehatan

Karena warna hijaunya, maka bisa dipastikan kacang hijau ini kaya akan klorofil. Semakin hijau semakin tinggi klorofilnya.

Selain itu, kacang panjang juga kaya akan vitamin seperti A, B, C dan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, mangan, zat besi, dan asam folat yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Kacang Kedelai, Si Pencegah Kanker.

Adapun manfaat kacang panjang untuk kesehatan, antara lain:

  • Mencegah anemia

Kandungan klorofilnya mengandung zat yang mirip dengan heme, jenis zat besi yang sumbernya biasanya berasal dari protein hewani. Zat besinya cukup signifikan untuk membantu menambah darah.

  • Mengatasi sembelit

Serat pada kacang panjang akan memperpendek waktu transit makanan di dalam usus, yang membuat masalah sembelit bisa diatasi.

  • Mencegah jantung koroner

Serat kacang panjang memiliki kontribusi terhadap penurunan kolesterol. Vitamin B6 dan asam folatnya berkhasiat menurunkan kadar homosistein dalam darah.

Mereka yang kadar homosisteinnya tinggi berisiko tinggi mengidap serangan jantung.

  • Mencegah kanker

Kacang panjang ternyata juga sudah dikenal sebagai antikanker. Hal ini disebabkan karena klorofil, vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan juga lignin, zat yang di usus diubah oleh flora usus menjadi zat pencegah kanker.

  • Melancarkan air seni

Kaliumnya bersifat diuretik (melancarkan air seni). Dengan sifatnya ini, risiko terkena asam urat juga menurun, juga menurunkan kadar asam urat pada penderita.

  • Manfaat Lainnya

Kacang panjang membantu menstimulasi pembentukan sel darah putih sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan memotong kacang panjang terlalu kecil karena bisa menghilangkan sebagian vitaminnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “kacang panjang, sayuran si pencegah jantung koroner”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kacang Panjang, Sayuran Si Pencegah Jantung Koroner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel