Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Anda pasti sering menikmati jagung, entah direbus atau dibakar, apalagi saat nongkrong bersama teman. Tentu menjadi suatu kesenangan tersendiri. Tapi tahukah Anda di balik nikmatnya jagung, ternyata makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Maka tidak salah kalau kali ini disampaikan tentang kandungan dan manfaat jagung untuk kesehatan.

kandungan-dan-manfaat-jagung-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/All for you friend)

Terlepas apa pun cara menikmatinya, jagung yang memiliki nama Latin, Zea mays L dari suku gramineae ini ternyata berasal dari Amerika latin.

Jagung adalah Salah Satu Sumber Serat yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidak hanya kaya serat, jagung juga menjadi sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya, seperti vitamin B dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Baca juga: Daun Katuk, Kandungan dan Manfaatnya.

Manfaat jagung untuk kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan mata

Senyawa lutein dan zeaxanthin merupakan bagian dari senyawa karotenoid yang membentuk pigmen kuning di retina dan menyerap sinar biru, sinar berbahaya dari matahari, penyebab katarak, dan makula degeneratif.

  • Menurunkan berat badan

Serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk mereka yang inginmenurunkan berat badan.

Serat kasar ini juga bisa mencegah sembelit yang kerap terjadi pada orang gemuk.

  • Melancarkan air seni

Jagung kaya kalium yang bersifat diuretik (melancarkan air seni) sehingga bisa mengatasi iritasi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat, dan mencegah batu ginjal.

  • Mencegah kanker

Dari penelitian yang dilakukan Louisiana State University, mereka yang rajin mengonsumsi terbukti jarang terkena kanker usus besar, payudara dan prostat. Hal ini disebabkan karena kandungan betakaroten dan serat yang tinggi.

Jagung juga mengandung protease inhibitor yang bisa mencegah pembentukan sel kanker.

  • Menjaga kesehatan gigi.

Pada penelitian yang dilakukan di 47 negara yang penduduknya rajin mengonsumsi pati jagung, gigi mereka ternyata jarang berlubang.

  • Mencegah jantung koroner

Pada penelitian yang dilakukan di Illinois State University menunjukkan pria yang menjalani diet rendah lemak, dan makanannya ditambah 20 gram jagung setiap hari selama 6 minggu. Kadar trigliserida (salah satu jenis lemak penyebab penyakit jantung) turun hingga 13%.

Sedangkan penelitian di University of Southern California menunjukkan, mereka yang tinggi kadar lutein dalam darah bisa mencegah penambahan plak di arteri jantung. Serat larutnya berkhasiat menurunkan kolesterol. Kandungan asam folatnya menurunkan kadar homosistein (kadar homosistein yang tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung).

  • Mencegah diabetes mellitus

Jagung memiliki indeks glikemik rendah tidak serta merta menaikkan kadar gula darah sehingga baik diasup oleh penderita diabetes mellitus.

  • Manfaat lainnya

Meningkatkan daya tahan tubuh dan juga sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi.

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mendapatkan Manfaat Jagung

Untuk mendapatkan manfaat serat, maka makanlah jagung yang utuh (jangan yang sudah digiling). Memakan jagung segar, bukan jagung kaleng yang sudah mengandung pengawet, karena akan memberikan zat gizi lebih.

Itu dia sedikit informasi tentang “kandungan dan manfaat jagung untuk kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kandungan dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel