Ingin Mempercantik Kulit? Tenang, Ada Mangga Solusinya

Mangga, jenis buah yang satu ini tentu sudah sangat dikenal, selain rasanya yang enak juga sering menjadi berbagai sajian yang lezat, seperti jus, es, manisan dan berbagai variasi makanan lainnya. Manfaatnya pun tidak hanya untuk dikonsumsi, untuk Anda yang ingin mempercantik kulit, tenang, ada mangga solusinya. Hal ini disebabkan kandungan mangga yang baik untuk meningkatkan kecerahan kulit.

kandungan-dan-manfaat-mangga-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock)

Menurut informasi, istilah mangga ini berasal dari bahasa Tamil, yaitu mankay atau mangas, karena asal buah ini berasal dari India, Sri Lanka dan Pakistan, yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia.

Mangga memiliki nama ilmiah Magnifera indica L, dari keluarga ancardiaceae.

Kandungan dan Manfaat Mangga, dari Mangga Gedong hingga Mangga Madu untuk Kesehatan

Di Indonesia sendiri sangat banyak jenis mangga yang bisa dikonsumsi, mulai mangga harum manis, mangga manalagi, mangga gedong, mangga gadung, mangga golek, mangga madu dan jenis-jenis mangga lainnya.

Komponen buah mangga yang paling banyak adalah air dan karbohidrat (termasuk didalamnya serat). Mangga juga menjadi sumber betakaroten, kalium dan vitamin C yang baik.

Kandungan vitamin C pada mangga muda lebih tinggi dibanding mangga yang matang. Namun, kandungan vitamin A mangga matang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mangga muda. Kandungan karotenoid, khususnya betakaroten, sangat tinggi.

Baca juga: Jeruk Manis, Kandungan dan Manfaatnya Semanis Rasanya.

Mangga memiliki sifat antioksidan karena kandungan vitamin A, C dan senyawa flavonoid. Dengan sifat antioksidan ini, mangga dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sedangkan kandungan serat pada mangga terdiri atas serat pangan larut, yaitu pektin, dan serat pangan tidak larut, yaitu selulosa.

Manfaat mangga untuk kesehatan, antara lain:

  • Mencegah terjadinya masalah pencernaan

Kandungan pektin pada mangga berfungsi untuk memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus, sekaligus meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. 

Sedangkan selulosanya berfungsi untuk mempercepat waktu transit makanan dalam usus, meningkatkan volume feses, dan memperlancar proses buang air besar sehingga mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

  • Membantu mengendalikan berat badan

Serat pangan larut pada mangga juga memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan.

  • Mencegah penyakit jantung

Dengan mengonsumsi mangga, kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi sehingga irama denyut jantung menjadi terkendali. Sedangkan seratnya dapat mengikat lemak yang kemudian dibuang ke luar tubuh, menyebabkan pembuluh bersih dari plak penyebab penyakit jantung.

  • Menghambat zat pemicu kanker

Sifat antioksidan pada mangga dapat menghambat produksi nitrosamin (salah satu zat pemicu kanker).

  • Membantu tekanan darah menjadi stabil

Kalium pada mangga juga berfungsi membantu tekanan darah menjadi stabil, dan secara pasti memberikan kontsribusi terhadap penurunan risiko terkena stroke.

  • Mempercantik kulit

Mangga memiliki efek detoksifikasi yang ditunjukkan dengan membaiknya tekstur kulit, berkurangnya kerutan, dan meningkatkan kecerahan kulit. Mangga juga bermanfaat untuk mempekuat kuku.

Hal yang Harus Diperhatikan

Penderita diabets mellitus harus berhati-hati dalam mengonsumsi mangga karena kandungan gula pada buah mangga yang tinggi.

Itu dia sedikit informasi tentang “ingin mempercantik kulit, tenang, ada mangga solusinya”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Mempercantik Kulit? Tenang, Ada Mangga Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel