Kangkung, Bisa untuk Mengatasi Insomnia

Sayuran ini sangat populer di Indonesia, apalagi disajikan dalam bentuk tumis. Bahkan siapa yang mengira kangkung, sayuran yang katanya berasal dari India ini memiliki banyak manfaat. Ada yang mengatakan kangkung, bisa untuk mengatasi insomnia.

kangkung-bisa-untuk-mengatasi-insomnia
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/M. Gunsyah)

Kangkung (Ipomoea aquatica sp. Ipomoea reptans Poir) berasal dari keluarga convolvulaceae yang merupakan tumbuhan liar yang menyukai tempat berair, daratan kering ataupun berlumpur, dengan mendapat kecukupan sinar matahari.

Perbedaan Kangkung Air dan Darat

Terdapat dua jenis kangkung, antara lain:

  • Kangkung darat 
  • Kangkung air. 

Perbedaan keduanya terletak pada warna bunga, bentuk daun dan batangnya. Kangkung darat daunnya panjang dengan ujung runcing, sedangkan kangkung air ujungnya agak tumpul.

Kandungan dan Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Kandungan vitamin A pada kangkung sangat tinggi mencapai 6.300 IU. Bersifat antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

Kangkung juga termasuk sayuran yang tinggi kadar seratnya dan mengandung fosfor, zat besi, hentriakontan, dan sitosterol.

Baca juga: Daun Katuk, Kandungan dan Manfaatnya.

Berkat kandungan yang dimilikinya, kangkung juga berpotensi sebagai antiracin, antiradang, penenang (sedatif) dan diuretik.

Manfaat kangkung untuk kesehatan, antara lain:

  • Mencegah sembelit.

Saat akan dimasak, ambillah daun dan batangnya yang masih muda dan mengandung serat kasar tinggi. Kangkung bisa untuk mencegah sembelit.

  • Mengatasi insomnia

Menurut Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan dari Filipina, karena kandungan vitamin A, B, dan C, ditambah mineral seperti kalsium, fosofor, seng, magnesium, karoten dan zat besi, maka kangkung memiliki efek menenangkan susunan saraf, sehingga yang mengonsumsinya merasa santai dan enak tidur. Kangkung bisa digunakan untuk mengatasi insomnia.

  • Manfaat lainnya

Dengan sifatnya yang diuretik, kangkung bisa melancarakan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal.

Hal yang Harus Diperhatikan

Karena kangkung sering ditanam di tepian sungai dan parit, hendaknya sebelum digunakan kangkung dicuci bersih. Bila tidak langsung dimasak, letakkan kangkung dalam wadah tertutup kemudian simpan dalam lemari pendingin agar semua vitamin dan zat gizinya bisa tetap dipertahanakan.

Itu dia sedikit informasi tentang “kangkung, bisa untuk mengatasi insomnia”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kangkung, Bisa untuk Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel