Mengapa Harus Berolahraga

Siapa yang mengira sejak merebaknya dan juga meredanya wabah pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, telah merubah paradigma masyarakat tentang arti sehat. Hal ini pula yang membuat masyarakat berupaya untuk memulai hidup sehat dan juga paham akan mengapa harus berolahraga.

mengapa-harus-berolahraga
Ilustrasi (Gambar: runnersworld.com)

Tentu saja olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa hidup sehat dan bugar. Banyak pilihan olahraga yang bisa dipilih, termasuk diantaranya olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda atau berenang.

Berbagai Aktivitas dan Manfaat Olahraga, Mulai dari Olahraga Mengecilkan Perut Hingga Menurunkan Berat Badan

Tidak dapat dipungkiri, meskipun banyak masyarakat yang paham akan pentingnya olahraga, terkadang karena tidak cukup niat membuat aktivitas yang satu ini jarang dilakukan.

Padahal dengan berolahraga secara rutin dan teratur, tujuan hidup sehat bisa tercapai. Meskipun menjadi tujuan yang menyehatkan, ada beberapa catatan yang harus diingat sebelum melakukan olahraga, yaitu jangan sampai saat berolahraga malah mendatangkan masalah berupa gangguan kesehatan.

Baca juga: Tips Agar Tidak Cedera Lutut Saat Berolahraga.

Berolahraga yang salah bisa mengakibatkan munculnya gangguan kesehatan. Berolahraga yang salah bisa mengakibatkan munculnya berbagai keluhan tubuh, seperti cidera, luka, dan juga iritasi, yang mengakibatkan bukan mendapat tubuh yang sehat, namun malah penderitaan yang menyiksa.

Menurut Dr. Tinah Tan, seorang chiropractor, yang membenarkan bahwa jika tidak dilakukan secara benar, maka berbagai jenis olahraga bisa mengakibatkan masalah pada otot atau pun tulang. Oleh karena itu, perlu mengetahui teknik melakukan suatu gerakan dengan betul. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan, peregangan dan pendinginan saat berolahraga.

Olahraga yang melibatkan satu sisi dari tubuh bisa membuat tubuh bekerja berlebih pada sisi tubuh tertentu dan mengakibatkan masalah pada postur tubuh yang tidak simetris (seimbang), karena itu sangat disarankan untuk mengimbanginya dengan berenang.

Begitu pula dengan olahraga berenang, juga harus memperhatikan teknik yang benar, sehingga mengurangi risiko cidera, biasakan dulu dengan gerakan ringan di dalam air sehingga tubuh dapat bergerak dengan nyaman.

Bahkan bersepeda pun sama, bila posisinya salah, maka bisa mengakibatkan keluhan pada leher, pinggang dan lutut.

Masih menurut dr Tinah, untuk memulai berolahraga, mulailah dengan olahraga yang ringan dan dilakukan secara bertahap. Ada pun jenis olahraga yang bagus dan murah adalah dengan berjalan kaki. Namun juga harus memperhatikan masalah pemanasan, pemilihan sepatu yang tepat, dan lamanya waktu berjalan kaki. Melakukan jalan cepat selama 20 sampai 30 menit selama tiga atau empat kali seminggu, cukup mendatangkan banyak manfaat.

Bila kita melakukan olahraga untuk pertama kali, maka wajar bila muncul keluhan pegal di sekitar tubuh yang dipakai, hal tersebut berarti masaa otot sedang berkembang.

Itu dia sedikit informasi tentang “mengapa harus berolahraga”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Harus Berolahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel