Nanas dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Nanas, buah yang memiliki mahkota tapi bukan raja, bersisik tapi juga bukan ikan. Menarik sekali, nanas yang sudah matang dan manis bisa dikonsumsi langsung sebagai buah potong. Nanas juga sering dipakai campuran salad, atau bisa juga dimasak sebagai lauk. Namun nanas juga memiliki fungsi lain, bahkan nanas dan manfaatnya untuk kesehatan juga menarik untuk dibahas kali ini.

nanas-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: Kotcha K/Shutterstock)

Nanas memiliki nama Latin, “Ananas comosus”, dari suku nanas-nanasan (Bromeliaceae) yang merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, dengan rasa buhanya yang sangat kahs, kombinasi atanra rasa anis dan asam.

Kandungan dan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu, nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa) serta enzim bromelain, suatu enzimprotase yang bekerja sebagai pemecah protein, dan nanas juga kaya akan serat.

Baca juga: Ingin Mempercantik Kulit? Tenang, Ada Mangga Solusinya.

Terdapat manfaat nanas untuk kesehatan, antara lain:

  • Membantu mengendalikan hipertensi

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya juga mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

  • Menurunkan berat badan.

Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. 

Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses p,mbakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

  • Mengatasi masalah asam urat

Enzimbromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Namun juga jangan mengonsumsi nanas terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh.

Enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.

  • Manfaat lainnya

Vitamin C pada nanas dibutuhkan untuk mengatsi gangguan gusi dan pembentukan kolagen.

Hal yang Harus Diperhatikan

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sebaiknya harus  -hati dalam mengonsumsinya.

Mereka yang sensitif bisa mengalami gangguan lambung dan iritasi kulit. Begitu pula dengan ibu hamil muda juga sebaiknya tidak memakan nanas muda secara berlebihan karena bisa menyebabkan konstraksi rahim yang berdampak pada keguguran.

Penderita diabetes juga harus membatasi konsumsi buah nanas yang sudah masak karena kadar gulanya juga cukup tinggi.

Nanas yang akan dikonsumsi hendaknya dikupas telebih dahulu, kemudian dibuang bagian matanya, Kadar asam oksalat yang cukup tinggi pada nanas bisa menimbulkan rasa gatal di tenggorokan saat dimakan. Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan air garam. Kadar oksalat yang berlebihan juga bisa mengakibatkan batu ginjal.

Itu dia sedikit informasi tentang “nanas dan manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Nanas dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel