Badan Terasa Pegal-pegal Bisa Jadi Tanda Kurang Gizi

Pernahkah Anda terasa sangat pegal? Bahkan sudah merasa beristirahat cukup, namun rasa pegal dan capek-capek belum bisa hilang. Atau bisa juga badan sering terasa pegal saat duduk di depan komputer, padahal merasa tidak banyak melakukan aktivitas. Tentu Anda merasa bingung, mungkin badan terasa pegal-pegal bisa jadi tanda kurang gizi.

pegal-pegal-tanda-kurang-gizi
Ilustrasi (Gambar: charlestongi.com)

Kebanyakan dari kita atau melihat kebiasaan, sebagian besar akan beranggapan, bahwa pegal-pegal akan hilang setelah dipijat. Bisa jadi hal ini benar, namun tahukah Anda bahwa cara ini sebenarnya tidak menyelesaikan masalah.

Rasa Pegal Karena Kurang Gizi Adalah Kondisi Salah Gizi Akibat Asal Makan

Dari banyak referensi yang ada, mungkin Anda tidak akan menyangka bila rasa pegal-pegal bisa jadi karena kekurangan salah satu zat gizi. Bila Anda sering mengalaminya, sebaiknya jangan mengabaikannya, karena hal ini menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak benar dalam tubuh.

Banyak sekali hal yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah akibat kekurangan zat gizi atau bisa juga karena stress.

Kok bisa kekurangan zat gizi? Bisa jadi Anda tidak percaya dengan informasi tersebut, sebab kekurangan zat gizi yang dimaksudkan disini bukan karena kurang gizi, seperti gizi buruk atau di daerah tertinggal.

Baca juga: Tips Mengatasi Nyeri Pinggang.

Kurang gizi yang dimaksudkan disini adalah “salah gizi” yang terjadi akibat makan asal kenyang atau bisa disebut dengan asal makan.

Biasanya kondisi tersebut terjadi pada masyarakat kota yang memiliki keterbatasan waktu, baik karena pekerjaan maupun jarak tempuh yang jauh dari rumah menuju tempat kerja, diet yang tidak teratur atau kurang makan sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan stress yang sering muncul bisa disebabkan karena berbagai faktor yang menyebabkan cadangan vitamin dalam tubuh terkuras.

Salah satu unsur gizi yang sering diabaikan atau berkurang karena stress adalah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membantu metabolisme tubuh, karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Selain itu, juga membantu memelihara fungsi saraf agar bekerja dengan baik, agar segala informasi yang datang dari otak disampaikan ke seluruh tubuh. Tentu saja hal ini akan membantu sistem kerja tubuh dengan baik.

Dari Mana Sumber Vitamin B Didapatkan?

Vitamin B termasuk vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu perlu dipasok dari luar.

Sumber vitamin B banyak terdapat pada makanan di sekitar kita, antara lain dapat diperoleh dari beras merah, kuning telur dan ikan.

Sedangkan vitamin B6 dipenuhi dari daging, hati ayam, hati sapi, ikan, telur, kacang-kacangan,sereal, roti, gandum dan beras tumbuk.

Sedangkan vitamin B12 (Kobalamin) banyak terdapat pada hati ayam, hati sapi, susu dan produknya, bekatul, telur dan rumput laut.

Jadi, bila badan terasa pegal-pegal, sedangkan Anda merasa tidak banyak beraktivitas, coba ingat lagi, bisa jadi kualitas makanan yang Anda konsumsi tidak bergizi, maka sudah saatnya Anda mencukupinya dengan cara yang tepat. Semoga informasi tentang “badan terasa pegal-pegal bisa jadi tanda kurang gizi” ini bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Badan Terasa Pegal-pegal Bisa Jadi Tanda Kurang Gizi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel