Semut Rangrang

Anda pasti sering melihat semut yang satu ini, apalagi kalau di sekitar rumah Anda banyak pohon besar. Larvanya pun sering diburu untuk pakan burung kicauan. Semut rangrang nama semut ini, bentuknya besar lebih besar dari semut biasanya dan berwarna merah. Terlepas dari warna dan daya tariknya, mengenal kehidupan semut rangrang menjadi menarik kali ini.

semut-rangrang
Ilustrasi (Gambar: istockphoto/ real444)

Banyak sekali referensi yang membahas tentang kehidupan semut rangrang. Salah satu yang bisa menjadi referensi adalah catatan dari Ferry Widjaja, yang pernah dimuat di Majalah Intisari Edisi Nomor 532.

Mengenal Kehidupan Semut Rangrang

Semut rangrang adalah semut yang memiliki nama Latin, “Oecophylla smaragdina”. Semut rangrang juga semut yang tidak suka gula pasir, hal ini disebabkan karena semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula.

Protein yang diperoleh semut rangrang diperoleh dengan memangsa serangga lain, seperti kepik hijau, ulat pemakan daun, bahkan ngengat yang ada di bawah daun. 

Sebagai pengganti gula, semut rangrang menjadikan embun madu (Honey Dew) sebagai makanan sumber gula favorit sepanjang masa.

Baca juga: Kutu Kaktus.

Darimana datangnya embun madu tersebut? Ternyata embun madu diproduksi oleh kutu pohon orde hemiptera dan homoptera. 

Embun madu merupakan hasil sisa atau kelebihan gula yang dialami serangga penghasil madu, saat mereka mengisap floem atau nutrisi pohon yang dihinggapinya.

Selain mengambil embun madu dari kutu, ternyata terdapat simbiosis mutualime antara kutu dan semut rangrang. Semut rangrang menjadi pelindung kutu.

Terlepas dari embun madu sebagai makanan semut rangrang, larva semut rangrang dan pupanya saat ini sering diburu manusia sebagai pakan burung peliharaan. Kandungan proteinnya pun cukup bermanfaat bagi para burung.

Adakah Perbedaan Semut Rangrang Hitam dan Semut Rangrang Merah

Mmebicarakan fauna kecil ini memang selalu menarik, selama ini kita selalu melihat semut merah atau semut rangrang yang berukuran sedikit lebih besar dari semut biasanya ditemukan di luar rumah, seperti di kebun, pohon atau tanaman. 

Namun kita juga sering melihat semut hitam yang ukurannya hampir sama dengan semut rangrang merah di dalam rumah. Yang menjadi pertanyaan, apakah semut rangrang hitam ini adalah jenis yang sama dengan  semut rangrang merah?

Ternyata dari berbagai sumber terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu dalam hal habitat. Yang jelas semut rangrang merah dan semut rangrang hitam tinggal di habitat yang berbeda. Semut merah lebih banyak ditemukan di alam terbuka, sedang semut rangrang hitam lebih mudah ditemukan didalam bangunan.

Itu dia sedikit informasi tentang semut rangrang. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Semut Rangrang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel