Tips Agar Si Kecil Suka Sayur

Si kecil tidak suka sayur? Sepertinya masalah si kecil tidak suka sayur menjadi problem yang sama, dan dihadapi semua orang tua yang memiliki anak kecil. Memang perlu cara tersendiri agar si kecil suka sayur. Tips agar si kecil suka sayur disampaikan sebagai informasi dan saran untuk Anda kali ini.

tips-agar-si-kecil-suka-sayur
Ilustrasi (Gambar: Istockphoto)

Banyak sekali informasi dan juga referensi yang membahas tentang betapa susahnya si kecil untuk makan sayur. Terdapat beberapa catatan yang membahas agar si kecil mau makan sayur, salah satunya catatan dari Dra. Risa Kolopaking, Psi, Msi.

Si Kecil Butuh Serat Juga

Meskipun si kecil tidak menyukai sayur dan menyukai ayam goreng atau pun fast food, seharusnya tidak ada pengecualian, karena si kecil perlu makan sayur dan sumber serat lainnya.

Memasuki usia 1 tahun, anak harus mulai diberikan makanan yang bertekstur karena mereka sudah mampu mengonsumsi makanan padat. 

Oleh karena itu, makanan yang mengandung serat juga sudah perlu diperkenalkan dalam menu harian si kecil.

Baca juga: Tips Memilih Camilan Sehat.

Serat juga penting dikonsumsi oleh anak karena berfungsi untuk mempertahankan gula darah agar tidak mudah lapar, dan membuat buang air besar menjadi lancar. Kebutuhan serat ini dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, paling tidak pada 3 kali makan utama atau 2 porsi makan utama, dan 1 selingan. Jadi, pada setiap menu makannya perlu disisipkan sayur dan buah.

Yang perlu diperhatikan juga, konsumsi serat tidak boleh terlalu banyak bagi anak di bawah usia 2 tahun karena anak bisa cepat kenyang dan konsumsi serat yang mengandung asam fitat dapat mengganggu penyerapan zat-zat gizi yang lain, seperti zat besi, kalsium dan seng.

Tips Memperkenalkan Si Kecil yang Tidak Suka Sayur dan Buah 

Sayur dan buah memang sumber makanan yang kaya serat, vitamin dan mineral. Namun seringkali orang tua kesulitan memperkenalkan aneka sayur dan buah pada anak.

Di bawah ini disampaikan cara mudah untuk mengenalkan sayur dan buah pada si kecil, sebagai berikut:

  • Kenalkan aneka sayur dan buah

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki beragam jenis sayur dan buah. Untuk itu, tugas orang tua adalah mulai memperkenalkannya pada si kecil, misalnya menyajikan beragam jenis sayur dan buah dalam menu harian di rumah.

  • Perkenalkan sayur dan buah dalam porsi kecil.

Apabila ingin memperkenalkan jenis sayur dan buah yang baru, bisa dilakukan dengan memberikannya dalam porsi kecil.

Biarkan anak mencicipinya secara utuh setiap jenis sayur atau buah, dan jangan dicampur dengan jenis makanan lainnya.

Hal ini akan memperkaya cita rasa anak terhadap makan yang baru dicicipinya.

  • Sajikan dalam bentuk makanan yang disukainya

Menyajikan buah dan sayur bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menyelipkan potongan sayur di makanan yang disukainya. Misalnya menyajikan buah dalam bentuk es krim, tentu hal ini akan menambah selera anak untuk mencobanya.

  • Sajikan dalam bentuk yang menarik

Anak memang memiliki rasa suka dan tidak suka terhadap makanan, tergantung pada cara penyajian, pengolahan dan porsi yang diberikan.

Bila orang tua bisa menyajikan makanan dengan menarik dalam porsi tidak terlalu besar, lama kelamaan anak akan tertarik untuk mencoba.

  • Libatkan anak dalam proses penyajian

Ajak anak untuk memilih menu yang menggunakan bahan dasar sayur atau buah. Libatkan si kecil dalam proses pembuatan dan penyajian, kemudian cicipi bersama. Tentu saja kegiatan ini akan memberikan pelajaran dan pengenalan makan yang berkesan bagi si kecil.

  • Ajak si kecil berbelanja sayur dan buah

Anda bisa mengajak si kecil mengunjungi pasar tradisional atau pasar swalayan, dengan membeli beberapa sayur dan buah.

Libatkan ia dalam memilih sayur dan buah yang baik. Biarkan anak menikmati proses jual beli yang terjadi.

  • Mengunjungi kebun atau area pertanian

Buatlah kesempatan untuk mengunjungi kebun buah atau pun area pertanian sayur untuk memberi kesempatan pada si kecil melihat langsung bagaimana buah dan sayur diperoleh.

-Pilihkan bacaan yang memperkenalkan sayur dan buah

Pilihkan buku-buku yang memiliki tema sayur dan buah. Pilihkan pula aneka sayuran dan buah khas setiap daerah atau negara.

  • Model permainan sayuran dan buah-buahan

Tiruan model sayur dan buah bisa menjadi alternatif imajinasi anak. Orang tua bisa memanfaatkan sayur dan buah sebagai sarana bermain masak-masakan sehingga anak mau mencicipinya sambil bermain.

  • Jangan cuma memaksa, tapi juga berikan contoh

Anak selalu meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Hindari memaksa anak untuk memakan sayur atau buah tertentu apabila si kecil menolak.

Namun orang tua sebaiknya memberi contoh untuk memakannya.

  • Jangan cepat menyerah.

Dalam memperkenalkan berbagai jenis buah dan sayur, Anda jangan cepat bosan dan putus asa,

Orang tua sering kali membuat keputusan dengan cepat bahwa si kecil tidak suka sayur dan buah tertentu saat ia menolak untuk mencicipinya.

Itu dia sedikit informasi tentang “Tips agar si kecil suka sayur”. Semoga informasi dan tips ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Si Kecil Suka Sayur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel