Tips Bijak Menyikapi Tayangan Mistik

Siapa yang tidak ingin kaya dengan cara cepat? Semua orang pasti ingin bisa menikmati hidup enak, apalagi tanpa berproses. Mungkin ini yang terjadi saat ini, karena ingin kaya dengan instan, membuat banyak orang yang kehilangan akal sehat, mulai dari ke dukun, sampai pada akhirnya terjebak judol (judi online) karena ingin cepat kaya. Bahkan pengaruh dari tontonan tertentu, hal mistik sering juga membuat orang kehilangan akal sehat. Untuk itulah, tips bijak menyikapi tayangan mistik disampaikan kali ini.

tips-bijak-menyikapi-tayangan-mistik
Ilustrasi (Gambar: tokopedia.com)

Di tengah hidup yang semakin tidak jelas, harga-harga naik, daya beli turun, PHK dimana-mana, sering membuat orang kehilangan akal sehat, bahkan ada yang lari ke pesugihan dan ikut aliran-aliran yang di luar nalar. Begitu pula tips kali ini, yang diambil dari catatan Diana Istyari, S.Sos yang catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 512.

Cara Menyikapi Tontonan dan Tayangan Mistik 

Tidak dapat dipungkiri di dunia yang penuh dengan godaan, menguatkan iman dan lebih mengedepankan akal sehat menjadi hal yang sangat penting.

Baca juga: Tips Mengajarkan Body Image Positif Pada Anak Remaja.

Terdapat beberapa sikap yang bisa dilakukan agar tayangan mistik tidak berdampak buruk pada diri kita, sebagai berikut:

  • Cermati niat menonton tayangan tersebut.

Apakah kita ingin menontonnya untuk sekedar hiburan, menambah pengetahuan atau meniru kebiasaan tertentu.

Semuanya bisa bersifat positif, bisa pula negatif. Bila niatnya ke arah negatif, alangkah baiknya bila tidak menontonnya, atau urungkan saja niat tersebut sampai minat kita benar-benar positif.

  • Mengetahui tujuan tayangan.

Dengan mengetahui tujuan tayangan acara tersebut, maka pikiran kita tidak akan mudah terpengaruh. Setiap informasi yang akan kita serap bisa dianalisis dengan baik, sehingga bisa terhindar dari dampak negatifnya.

  • Menjadikan agama sebagai pijakan.

Sebelum menirukan hal-hal dari tayangan mistik, maka lakukan analisis tentang hal tersebut dengan berpijak pada ajaran agama. Nilai-nilai agama akan menetralkan pengaruh negatif dalam pikiran.

  • Cermati pesan di akhir tayangan.

Tayangan mistik pasti mengandung pesan-pesan moral. Pesan tersebut bisa didapat kalau kita menontonnya sampai akhir. Dengan menyimak secara baik pesan akhir yang ditayangkan, maka pikiran kita akan tertuju ke arah yang positif. Hendaknya kita bisa menguasai pikiran, bukan informasi yang justru malah menguasai pikiran kita. Semoga informasi tentang “tips bijak menyikapi tayangan mistik” ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Bijak Menyikapi Tayangan Mistik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel