Tips Deteksi Dini Kesehatan

Menjaga kesehatan sepertinya sudah menjadi keharusan bagi kita semua. Dengan menjaga kesehatan dan selalu menerapkan pola hidup sehat menjadikan tubuh akan selalu sehat, karena pada dasarnya menjaga kesehatan adalah investasi jangka panjang. Tips deteksi dini kesehatan menjadi hal penting untuk menjaga dan mengantisipasi agar tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan.

tips-deteksi-dini-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: primocare.com) 

Tidak dapat dipungkiri terdapat banyak penyakit yang harus dijaga jangan sampai menyerang diri kita, khususnya Anda yang berusia 50 tahun ke atas yang sering memiliki berbagai keluhan.

Deteksi Dini adalah Pencegahan Agar Tidak Terjadi Serangan Penyakit

Melakukan deteksi dini atau EWS (Early Warning System) atas kesehatan menjadi hal penting, khususnya yang umurnya sudah menginjak tua.

Baca juga: Pap Smear, Cara Deteksi Dini dari Kanker Leher Rahim.

Terdapat sejumlah penyakit yang biasanya menyerang seseorang di usia 50 tahun ke atas, beserta keluhan yang mengawalinya, antara lain:

  • Pengapuran atau pengeroposan tulang, biasanya ditandai dengan nyeri di bagian sendi atau lutut. Senam untuk usia lanjut dapat membantu mengurangi keluhan pengapuran tulang ini.
  • Masalah dengan paru-paru, bisa bronkhitis atau pun infeksi pada lainnya, biasanya ditandai dengan sesak nafas dan batuk yang berkepanjangan. Bagi perokok, sebaiknya menghentikan kebiasaan buruk tersebut.
  • Masalah pada jantung, gejalanya beragam, misalnya nyeri seperti tertusuk atau tertindih di bagian dada kiri sampai punggung dan lengan kiri selama beberapa menit. Untuk menghindarinya, berolahragalah secara teratur dan mengubah gaya hidup Anda dengan gaya hidup sehat.
  • Diabetes mellitus, adalah keadaan saat metabolisme tubuh tidak dapat memanfaatkan gula darah. Gejalanya adalah sering buang air kecil, sering merasa haus dan dengan pemeriksaan laboratorium diketahui kadar gula darah meningkat. Untuk mengendalikannya, hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan berkonsultasilah ke dokter ketika gejala-gejala tersebut timbul.
  •  Gangguan saraf, salah satu gejalanya adalah kesemutan di kaki dan tangan. Untuk menguranginya, konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12.

Itu dia sedikit informasi tentang “Tips deteksi dini kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Deteksi Dini Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel