Tips Mengatasi Kegemukan Pada Anak

Anak gemuk memang lucu, namun siapa sangka di balik kelucuan anak gemuk ternyata menyimpan bom waktu yang akan membahayakan dirinya. Untuk itulah kegemukan tersebut harus diatasi agar tidak menyesal dikemudian hari baik pada diri orang tua dan anak yang bersangkutan. Tips mengatasi kegemukan pada anak, sedikit ingin berbagai solusi menghadapi kegemukan yang terjadi pada diri si kecil.

tips-mengatasi-kegemukan-pada-anak
Ilustrasi (Gambar: drcarney.com)

Banyak informasi dan sumber yang bisa didapatkan untuk mengatasi dan menghadapi kegemukan pada si kecil. Salah satunya adalah catatan dari Dr. Nanny Leksokumoro, MS, Sp.Gk.

Cara Menangani Kegemukan Pada Anak

Tidak dapat dipungkiri kegemukan ataupun obesitas pada si kecil salah satunya berhubungan dengan kebiasaan makan. Oleh karena itulah, masalah ini harus dicari jalan keluarnya, termasuk kebiasaan makan yang harus ditata kembali, dan juga yang penting adalah mengubah gaya hidup.

Satu hal yang harus diingat adalah tujuan utama menangani anak kegemukan bukanlah semata-mata hanya menurunkan berat badan, namun lebih pada memperlambat atau menghentikan penambahan berat badannya.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena anak-anak sedang dalam fase masa pertumbuhan yang membutuhkan asupan gizi yang memadai, oleh karena itu menangani anak kegemukan atau obesitas lebih sulit bila dibandingkan dengan orang dewasa, yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, dan waktunya yang lama.

Baca juga: Fakta Kegemukan Anak.

Selama proses penurunan berat badan tersebut, maka dilakukan penataan ulang dengan pengaturan perilaku makan yang baru bagi anak.

Yang harus diketahui oleh orang tua, khususnya pada ibu dalam menangani anak kegemukan atau obesitas adalah berapa kebutuhan gizi anak.

Dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kecukupan gizinya, maka pertumbuhan anak akan tetap baik, tubuh pun tidak melar ke samping.

Khusus untuk anak-anak yang kegemukan dan obesitas, maka jalan keluarnya bukanlah diet ketat yang akan membuat anak tidak mau melakukannya. Namun biarkan mereka makan apa saja asalkan makanannya padat gizi, bergizi seimbang, diatur porsinya agar tidak melebihi batas, juga kadar lemaknya dikurangi.

Dalam memerangi kegemukan dan obesitas pada anak, maka lemak menjadi sasaran utama. Meskipun menjadi target utama, lemak tidak perlu dibuang sama sekali, hanya cukup dikurangi. Karena tubuh anak membutuhkan lemak untuk proses tumbuh kembangnya.

Membakar Lemak untuk Mengatasi Kegemukan

Sepertinya bergerak dan bergerak menjadi hal penting, maka mengatasi kegemukan dan obesitas anak bisa dilakukan dengan aktivitas fisik untuk membakar lemak.

Mengatasi kegemukan dan obesitas dengan cara menyenangkan akan memberikan hasil yang positif. Tubuh mereka akan tumbuh sesuai dengan usianya, yang tidak lagi melar kesamping juga melar ke atas.

Menurut Prof. Bertold Koletzko, dari Universitas Munchen, Jerman, pada dasarnya anak sejak bayi sudah tahu takaran makannya. Saat sudah merasa kenyang, bayi akan melepaskan mulutnya dari puting susu ibunya. Tapi yang terjadi, banyak ibu yang tidak menangkap sinyal tersebut, malah terus menjejalinya dengan ASI atau susu botol karena merasa anak baru minum sedikit.

Kebiasaan ini pun berlanjut dan terus berlanjut. Saat mulai mengenal makanan padat. Saat mereka mulai mengenal makanan padat, orang tua merasa gizi anaknya harus cukup demi pertumbuhan yang mengharuskan mereka menghabiskan porsi besar makan mereka, yang mengakibatkan naluri alamiah rasa kenyang tersebut hilang. Kebiasaan ini akhirnya terbawa terus hingga akhirnya terjadi penumpukan kalori dalam tubuh mereka dan akhirnya menjadi gemuk.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips mengatasi kegemukan pada anak”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Kegemukan Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel