Tips Menghilangkan Karat dengan Pasir

Anda pasti pernah kaget saat barang kesayangan tiba-tiba berkarat, salah satu contohnya adalah sepeda. Tentu ada rasa kesal di hati, apalagi sepeda tersebut adalah sepeda kesayangan, yang selalu menemani berolahraga saat di pagi hari. Tenang... Tips menghilangkan karat dengan pasir ini semoga bisa membantu Anda.

tips-menghilangkan-karat-dengan-pasir
Ilustrasi (Gambar: sepeda.me)

Banyak cara untuk menghilangkan karat pada benda-benda kesayangan atau benda yang Anda miliki. Begitu pula kali ini, sedikit informasi tentang cara menghilangkan karat ini juga pernah disampaikan oleh Bambang Winardi yang juga pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 532.

Cara Sederhana Menghilangkan Karat pada Besi dengan Pasir

Tidak dapat dipungkiri, timbulnya karat memang sering datang pada benda kesayangan, misalnya sepeda, bila kurang rajin merawatnya, khususnya pada bagian pelek sepeda yang berlapis krom.

Tentu saja dengan adanya karat akan membuat sepeda menjadi kurang menarik. Terkadang kita nekat untuk membersihkannya dengan menyikat bahkan mengamplas bagian yang berkarat, dan hasilnya malah merusak lapisan asli besi tersebut. Tentu membuat gemas, bagaimana solusinya?

Baca juga: Tips Agar Pisau dan Gunting Tajam Kembali.

Ada solusi sederhana untuk mengusir karat tersebut tanpa merusak lapisan besinya, dengan catatan , lapisan asli besi tersebut belum mengelupas.

Caranya adalah ambil pasir, kemudian gosokkan pada pelek yang berkarat dengan menggunakan selembar lap. Setelah pasir dibersihkan, maka karat tersebut akan hilang.”

Bila ingin lebih bagus, caranya sebagai beriktu:

  • Gunakan pasir-pasir saringan, sehingga menjadi pasir dengan butiran-butiran halus. Tambahkan juga sabun colek. 
  • Dengan menggunakan selembar lap basah, gosokan campuran dua bahan tersebut pada karat.
  • Sesudah semua selesai digosok, bersihkan sisa-sisa bahan dengan air bersih.

Menarik bukan? Itu dia sedikit informasi tentang “Tips menghilangkan karat dengan pasir”. Semoga cara tersebut bisa dipraktekkan, selain murah, juga hasilnya bisa menjadi lebih bersih. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghilangkan Karat dengan Pasir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel