Tips Mengurangi Kegemukan Pada Bayi dengan ASI

Ada yang menarik dengan pembahasan kegemukan, khususnya pada bayi. Begitu pula dengan cara mengatasi kegemukan, seperti tips mengurangi kegemukan pada bayi dengan ASI kali ini.

tips-mengurangi-kegemukan-pada-bayi-dengan-asi
Ilustrasi (Gambar: stock.adobe.com)

Siapa yang mengira kalau ASI bisa mencegah dan mengatasi kegemukan pada bayi. Selama ini kita menganggap ASI hanyalah sekedar makanan dalam bentuk cair yang dikonsumsi bayi yang baru lahir hingga bayi berumur dua tahun. Ternyata fakta mengejutkan, bahwa ASI juga bisa mengurangi kegemukan pada bayi.

Cara Mengurangi Kegemukan Pada Bayi dengan ASI

ASI memang makanan terbaik unatuk bayi. Anak-anak yang saat bayi mendapatkan ASI sebagai makanan utama selama 6 bulan pertama, menurut penelitian para ahli dari Harvard Medical School, Boston, maka risiko para bayi mengalami kegemukan ternyata lebih kecil.

Besar kemungkinan karena ASI memiliki komposisi yang tepat untuk usia para bayi tersebut. Sedangkan kandungan lemak dan kalori, dimana kedua unsur gizi ini ditengarai sebagai penyebab kegemukan yang pada susu formula seringkali tinggi.

Selain itu, ASI juga memiliki pengaruh positif terhadap cadangan lemak di dalam tubuh.

Baca juga: Hati-hati Kegemukan Pada Anak.

Melihat begitu besarnya pengaruh ASI terhadap kegemukan, maka tidak ada alasan untuk tidak memberi bayi Anda hak pertamanya untuk bertahan hidup sehat dan tumbuh kembang secara sempurna.

Bahkan Dr Hardiono D Pusponegoro, SpA(K) dari Divisi Saraf Anak, Departemen Kesehatan Anak FKUI-RSCM. pernah mengingatkan, “Dalam setengah jam sampai 6 bulan pertama, berikan ASI eksklusif. Hal ini merupakan gizi sempurna yang menyiapkan pencernaannya yang berdampak terhadap perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.”

Hati-hati Bayi Besar Karena Ibu Terkena Diabestes Mellitus

Berdasarkan penelitian dr Ute M. Schaefer dan timnya dari Vivantes Medical Center dan Charite University Medical Center di Berlin, Jerman, menunjukkan bahwa perempuan yang menderita diabetes mellitus (DM) saat hamil, maka bayi mereka cenderung memiliki berat badan lebih dan pada kemudian hari anak-anak ini akan tetap gemuk.

Namun bila anak-anak ini diberi ASI minimal 3 bulan saja, maka risiko mengalami kegemukan di kemudian hari bisa ditekan sampai 50%. Semakin lama ASI diberikan maka akan semakin menekan risiko kegemukan.

Itu dia sedikit informasi dan tips mengurangi kegemukan pada bayi dengan ASI. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengurangi Kegemukan Pada Bayi dengan ASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel