Tips Menjaga Sirkulasi Darah

Siapa yang mengira menjaga sirkulasi darah menjadi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Begitu pula dengan catatan kesehatan kali ini, tips menjaga sirkulasi darah sengaja disampaikan untuk menjaga agar tubuh tidak terjajah oleh penyakit.

tips-menjaga-sirkulasi-darah
Ilustrasi (Gambar: thriftymommaramblings.com)

Sirkulasi darah sangat berperan terhadap fungsi organ tubuh. Terganggunya sirkulasi darah tentu akan memunculkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Cara Menjaga Sirkulasi Darah agar Terhindar dari Penyakit

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa sirkulasi darah sangat penting?

Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu fungsi dari sirkulasi darah adalah mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Hal ini penting untuk menjalankan fungsi jaringan tubuh dengan baik.

Apabila sirkulasi darah terganggu, maka suplai oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh tidak bisa terpenuhi dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan munculnya gejala, seperti rasa kesemutan, kurang energi, cepat lelah, proses penyembuhan luka menjadi lebih lambat, rasa baal pada kaki serta tangan.

Baca juga: Tips Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh.

Bila gangguan sirkulasi darah tidak segera diatasi, maka suplai darah ke jantung yang terganggu bisa menyebabkan serangan jantung yang pada kemudian hari bias menyebabkan infark miokard, yaitu kerusakan otot jantung yang bisa berakibat fatal.

Bila suplai darah ke otak terhambat bisa menyebabkan stroke. Sebelum terjadi stroke sering terjadi yang disebut dengan TIA (Transient Ischaemic Attack) yang merupakan peringatan untuk penderita agar jangan sampai terjadi stroke.

Bagaimana cara menjaga sirkulasi darah yang baik? Tentu saja dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti berolahraga, kurangi makan makanan yang berlemak, mengurangi rorkok, mengatasi stress, cukup istirahat paling tidak 6 jam per hari.

Selain itu carilah dan gunakan herbal yang bermanfaat untuk memperbaiki sirkulais darah, dengan masing-masing komponen yang saling bersinergi, seperti: 

  • Crataegus oxyacantha extract (Hawthorn) sebagai tonik jantung untuk memperbaiki kerja jantung dan juga memiliki efek antioksidan, 
  • Melissa officinalis yang memerikan efek rileks, 
  • Gingko biloba untuk memperlancar sirkulasi darah ke utak, 
  • Garlic oil untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida serta menjaga daya tahan tubuh, 
  • Morinda citrifolia (mengkudu) untuk menormalkan tekanan darah dan menjaga kadar gula darah normal dan juga vitamin E sebagai antioksidan.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips menjaga sirkulasi darah”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Sirkulasi Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel