Tips Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Menjaga kesehatan sudah menjadi keharusan saat ini, apalagi sejak merebaknya dan meredanya wabah pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu yang menjadikan masyarakat semakin sadar akan arti pentingnya kata ‘sehat’. Tips menjaga sistem daya tahan tubuh disampaikan kali ini untuk mengingatkan arti pentingnya menjaga kesehatan.

tips-menjaga-sistem-daya-tahan-tubuh
Ilustrasi (Gambar: healthyforlifemeals.com)

Kalau dahulu untuk menjaga kesehatan, semua disarankan mengonsumsi “4 sehat 5 sempurna”. Namun berbeda dahulu, berbeda sekarang, saat ini istilah tersebut diganti menjadi “Gizi yang Seimbang”. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang dikonsumsi akan menetukan kesehatan kita.

Daya Tahan Tubuh adalah Kemampuan Tubuh Melawan Bakteri atau Virus

Saat ini dengan perkembangan teknologi dan juga kemudahan informasi menjadikan masyarakat paham betul bahwa untuk menjadi sehat, maka tubuh harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Satu hal mengapa harus mengonsumsi makanan sehat denan gizi yang seimbang, hal ini disebabkan karena di jaman saat ini, kita berhadapan dengan lingkungan yang semakin tidak bersahabat dan juga gaya hidup yang tidak sehat, seperti polusi, radikal bebas, pola makan yang tidak seimbang, kurangnya aktivitas olahraga, mengonsumsi obat-obatan yang immnunosupresif dan juga ancaman bakteri maupun virus.

Dengan kata lain, ancaman terhadap kesehatan semakin tinggi.

Baca juga: Mengapa Harus Berolahraga.

Untuk melawan hal tersebut, sistem daya tahan tubuh yang terdiri atas tiga lapisan (kulit, sel imun dan antibodi) membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Asupan tersebut meliputi vitamin A, B, B12, C, D, E, asam folat, zat besi, tembaga, selenium dan seng. Dengan mengasup beberapa vitamin dan mineral tersebut, maka sistem daya tahan tubuh terlindungi, sehingga kita selalu sehat meskipun tinggal di lingkungan yang semakin tidak sehat.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Minum air secukupnya.
  • Hiruplah udara yang segar dengan banyak menanam pohon di lingkungan rumah.
  • Istirahat yang cukup.
  • Menghindari stress yang berlebihan.
  • Diet seimbang.
  • Tidak mengonsumsi makan secara sembarangan.

Itu dia sedikit informasi tentang “Tips menjaga sistem daya tahan tubuh”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel