Tips Menunda Kepikunan

Pernahkah Anda memiliki teman atau saudara yang pelupa, hingga karena sering lupa membuat dirinya sering disebut pelupa atau pikun. Tentu hal tersebut sering kita lihat, namun bagaimana bila lupa menjadi sangat sering terjadi? Tentu ini yang harus diperhatikan, tips menunda kepikunan menjadi penting dan menarik untuk dibahas.

tips-menunda-kepikunan
Ilustrasi (Gambar: openforum.com.au)

Lupa sekali dua kali memang dianggap hal yang wajar, mungkin karena banyak yang harus dikerjakan atau dipikirkan. Namun bagaimana bila sifat pelupa ini sudah keterlaluan dan terjadi terus menerus, apa jangan-jangan atau bisa jadi juga mengalami gangguan pada sistem saraf, atau sering disebut dengan demensia, atau orang awam menyebutnya dengan kepikunan?

Gejala Pikun Pada Lansia

Saat usia beranjak senja, atau di atas 50 tahun, fungsi otak secara perlahan tapi pasti akan mengalami penurunan sebagai akibat bergugurannya sejumlah sel otak yang ternyata tidak digantikan dengan sel otak yang baru.

Pada manula (manusia lanjut usia), sel otak banyak yang berguguran, sehingga terjadi gejala, sebagai berikut:

  • Penurunan daya ingat.
  • Penurunan dalam bernalar dan menilai sesuatu.
  • Kehilangan orientasi tempat yang sudah dikenalnya.
  • Perubahan kepribadian seperti lebih pemarah atau kurang merespons.

Perjalanan gangguan penurunan fungsi otak ini tidak serta merta melainkan memakan waktu bertahun-tahun, bisa 5 sampai 8 tahun atau lebih. Tapi, penurunan ini bisa juga terjadi hanya dalam hitungan hari, antara lain bisa karena karena seseorang menderita stroke yang mengenai pusat memorinya.

Baca juga: Tips Menjaga Otak Agar Tetap Berkualitas.

Pada penderita demensia akibat penuaan, pada awalnya penderita biasanya tidak menyadari adanya perubahan kemampuan mental pada dirinya. Biasanya orang disekitarnya yang menyadari perubahan tersebut, bila hal ini terjadi, segera ajak ke dokter, karena bila dibiarkan, kondisinya dari waktu ke waktu akan semakin memburuk dan bisa-bisa kehilangan kemampuan mengurus dirinya sendiri.

Secara umum, terdapat dua jenis gangguan fungsi otak, yaitu:

  1. Demensia yang menyertai penyakit alzeimer atau pun parkinson.
  2. Demensia yang disebabkan oleh terganggunya suplai darah yang membawa zat gizi dan oksigen ke otak.

Gangguan kesehatan yang mempercepat kepikunan diantaranya adalah hipertensi, diabetes melitus, hiperkolestrolemia (kelebihan kolesterol yang bisa berdampak pada penyempitan pembuluh darah di jantung).

Selain itu, kepikunan juga tidak bisa dipisahkan dari pola makan. Prinsip pola makan sehat “Gizi Seimbang” harus dipraktekkan, yaitu setiap kali makan harus ada sumber gizi seperti karbohidrat, protein, baik yang hewani maupun nabati, lemak - tapi lebih banyak yang tak jenuh - vitamin dan meniral.

Vitamin Otak Agar Tidak Pikun

Terdapat dua vitamin yang sangat penting agar bisa menunda kepikunan, antara lain:

  • Ginkgo biloba

Di Jerman sudah sejak tahun 1960-an daun ginkgo biloba diolah menjadi obat paten yang banyak dipakai oleh masyarakat Jerman untuk meningkatkan daya ingat.

Dari hasil penelitian tersebut, daun ini diketahui bisa membantu kelancaran peredaran darah, termasuk peredaran darah menuju ke otak sehingga fungsi otak meningkat.

Tidak hanya itu, New York Institute for Medical Research juga melakukan uji coba terhadap ginkgo biloba, dan hasilnya tanaman ini terbukti bisa memperbaiki fungsi otak.

  • Seng dan Omega 3

Dr. Harold Sansteald, seorang peneliti dari Fakultas Kedokateran Texas di Galveston, pernah melakukan penelitian terhadap pria dan perempuan sehat yang kekurangan seng (Zn), ternyata mereka lebih pelupa dan kurang bisa berkonsentrasi.

Dr. Harold juga menghimbau pada mereka yang ingin menunda kepikunan agar rajin makan bahan makanan yang kaya Zn, seperti ikan dan sea food, karena bahan makanan ini mengandung DHA dan omega 3 yang sudah teruji bisa meningkatkan fungsi otak.

Cara Menuda Kepikunan

Berkat kemajuan ilmu kedokteran, para ahli berhasil menemukan cara untuk menunda penururnan fungsi otak.

Oleh karena itu, mereka menganjurkan agar para lansia ini yang sudah tidak aktif bekerja melakukan hal berikut:

  • Melakukan latihan “otot mental” seperti mengisi teka-teki silang atau kegiatan asah otak lainnya. Dengan sering menggunakannya, otak akan berfungsi dengan baik.
  • Menghindari stress.
  • Membuang jauh-jauh perasaan tidak berguna.
  • Berolahraga yang akan melancarkan aliran darah sehingga otak secara kontinyu akan mendapatkan suplai makanan dan oksigen.

Itu dia sedikit informasi dan tips menunda kepikunan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menunda Kepikunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel