Wortel, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Anda pasti sudah sangat kenal dengan sayuran sehat yang satu ini. Wortel merupakan tanaman semak semusim dengan daunnya yang berwarna hijau. Daunnya juga sangat mirip dengan daun seledri. Terlepas sering dikonsumsi sebagai makanan sehat, ternyata wortel memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Untuk itulah, kali ini dibahas tentang “wortel, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan”.

wortel-kandungan-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock/Anita2112) 

Bagian wortel yang sering dikonsumsi adalah umbinya yang berwarna jingga, semakin jingga warnanya semakin tinggi betakarotennya. Wortel memang sering dikonsumsi sebagai bagian dari sup, salad, lalap atau pun dijus.

Wortel Mengandung Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh

Wortel yang kaya betakaroten dan vitamin C yang cukup tinggi membuat wortel memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Baca juga: Kacang Kedelai, Si Pencegah Kanker.

Wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan, fosfor, kromium, zat besi, seng dan serat.

Manfaat wortel untuk kesehatan, antara lain:

  • Untuk kesehatan mata

Wortel kaya akan betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun bisa memperbaiki kondisi mata karena kekurangan vitamin A.

Sifat wortel yang antioksidan bisa mencegah katarak dan degenerasi makula yang sering menimpa para lansia.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Robertson dan kawan-kawan menunjukkan mereka yang makan 200 gram wortel mentah setiap harinya selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%.

Selain itu, diketajui vitamin A yang terkandung di dalam wortel bisa mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penuruan kadar kolesterol ini berkat kandungan calsium pectate, yang merupakan jenis serat larut.

  • Mencegah kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Oleh karena itu, dianjurkan bagi para perokok untuk mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru.

Batakaroten dan senyawa lainnya yang bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorokan, lambung, usus, saluran kemih, pankreas dan payudara.

Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya bisa naik 2 sampai 5 kali lipat.

  • Mencegah sembelit

Serat yang terkandung pada wortel bisa menaikkan volume fese samai 25% sehingga urusan buang air besar menjadi lancar.

  • Manfaat lainnya

Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang semula kering dan mengeras secara perlahan akan tampak sehat dan cemerlang, juga meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus.

Kalsium yang terkandung pada wortel akan meningkatkan ASI dan juga menguatkan tulang dan gigi.

Hal yang Harus Diperhatikan

Wortel yang akan disimpan hendaknya diletakkan di kantung plastik berpori dan diletakkan di lemari pendingin.

Namun, wortel juga hendaknya jangan disimpan terlalu lama, karena akan menimbulkan rasa pahit akibat terjadi perubahan senyawa fenol menjadi isokumarin.

Itu dia sedikit informasi tentang “wortel, kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan”. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Wortel, Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel