Tips Mudah Membasmi Nyamuk dengan Daun Sirih

Apa yang bisa Anda sampaikan tentang dauh sirih? Mungkin banyak diantara Anda yang akan menjawab sebagai bahan herbal atau untuk menghentikan mimisan yang sering terjadi pada anak kecil. Namun kini ada pengalaman lain dengan daun sirih, yaitu tips mudah membasmi nyamuk dengan daun sirih.

membasmi-nyamuk-dengan-daun-sirih
Ilustrasi (Gambar: planetnatural.com)

Sebenarnya sudah banyak tips dan cara untuk membasmi nyamuk. Nmaun ada cara mudah membasmi nyamuk dengan cara alami, yang salah satunya pernah disampaikan oleh Budi Imansyah S, yang catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 498.

Cara Alternatif dan Mudah Membasmi Nyamuk Secara Alami dengan Daun Sirih

Tidak dapat dipungkiri memang banyak sekali cara untuk mengusur nyamuk, mulai dari cara modern, menggunakan bahan kimia hingga menggunakan bahan alam.

Saat musim hujan, pasti seringkali terdapat himbauan untuk mewaspadai adanya jentik nyamuk, khususnya Aedes aegypti dan Aedes albopictus penyebar wabah demam berdarah dengue (DBD). 

Beragam produk insektisida digunakan sebagai alat untuk menumpas kedua jenis nyamuk tersebut. Namun, insektisida ditengarai berdampak negatif terhadap lingkungan, selain bisa menumpas predator dan membuat serangga menjadi resisten.

Untuk itulah dicari alternatif lain, dari bahan alam. Alernatif dari alam ini sudah sering digunakan, memang masih kalah dengan insektisida kimia. 

Baca juga: Tips Mengatasi Nyamuk dengan Ikan Cere.

Tumbuhan yang digunakan umumnya mengandung zat-zat seperti niketin, piretin dan rotenon. Insektisida ini akan terurai menjadi senyawa-senyawa yang tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan setelah digunakan.

Penelitian tentang insektisida alamiah dalam mengendalikan serangga, khususnya pada stadium jentik, pertama kali dirintis oleh Campbell dan Sulivan tahun 1933, yang selanjutnya dilakukan oleh Harzel tahun 1948; Amongkas dan Reaves tahun 1970. Pirayat Suparvann, Roy Sifagus dan Fred W.K (1974) di University of Kentucky, Lexington telah menghasilkan penelitian bahwa ekstrak daun kemangi (Oliu basil), pada dosis 100 ppm (bagian per sejuta) dapat menghambat pertumbuhan jentik Aedes aegypti.

Beberapa penelitian menguatkan bahwa tanaman tertentu ternyata memiliki zat beracun bagi serangga. Salah satunya adalah sirih (Paper betle (L) dan Charica betle (L)) yang termasuk dalam famili Piperaceae. Dari hasil penelitian, ekstrak daun sirih dapat digunakan sebagai insektisida alami dalam upaya membasmi jentik nyamuk Aedes aegypti.

Dalam daun sirih terkandung beberapa senyawa seperti minyak atsiri, zat penyamak, cineole dan yang terpenting senyawa alkoloid. Senyawa alkoloid ini yang bisa digunakan untuk membasmi jentik nyamuk dengan cara kerja mirip bubuk abate.

Cara Memperoleh Ekstrak Daun Sirih

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh ekstrak daun sirih, antara lain:

  1. Daun sirih ½ kg dicuci, kemudian ditiriskan di tampah hingga kering. Daun yang sudah kering digiling atau diblender sampai berbentuk serbuk. Dari cara ini akan didapat sekitar 43 gram serbuk daun sirih.
  2. Masukkan serbuk ke dalam wadah (becker glass) dan tambahkan alkohol 95% sebanyak 2 liter sehingga serbuk terendam. Aduk dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu, saringlah dan rebus atau panaskan hasil saringan tadi selama 1 jam. Baru setelah itu diamkan selama satu minggu. Masukkan ekstrak yang sudah jadi tersebut dalam wadah atau botol dan siap untuk digunakan.

Bahan ini yang nantinya digunakan untuk membasmi jentik Aedes aegypt sebelum sempat beranjak dewasa.

Cara menggunakannya mirip menaburkan abate di genangan air. Cukup dengan konsentrasi rendah, jentik sudah bisa diatasi

Itu dia sedikit informasi tentang “tips mudah membasmi nyamuk dengan daun sirih”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Membasmi Nyamuk dengan Daun Sirih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel