Mengenal Asal Usul Tradisi Minum Susu

Susu sapi memang menjadi salah satu bahan makanan penting yang menyehatkan, maka tidak salah bila susu menjadi penyempurna dalam jargon “Empat Sehat Lima Sempurna”. Terlepas dari manfaat dan khasiat kesehatan susu untuk kesehatan, ada satu yang penting yaitu tentang mengenal asal usul tradisi minum susu, yang saat ini seperti tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari.

mengenal-asal-usul-tradisi-minum-susu
Ilustrasi tradisi minum susu di Indianapolis 500 (Gambar:  Jonathan Ferrey // Getty Images via thezone1059.com)

Ada begitu banyak informasi yang bisa didapat dari berbagai sumber, salah satunya adalah catatan dari Deviana Pattiselano, yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi Nomor 572.

Sejarah Munculnya Tradisi Minum Susu, Termasuk Minum Susu Sebelum Tidur

Seperti diketahui bersama, bahwa minum susu bukan hanya minuman untuk bayi saja, namun juga orang dewasa. Karena di dalam susu terdapat berbagai zat penting bagi tubuh, seperti lemak jenuh, protein, kalsium, dan vitamin D. Bahkan bayi membutuhkan nutrisi dalam susu selama belum dapat mencerna makanan.

Tradisi minum susu itu sendiri sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Dalam mitologi maupun kitab-kitab suci, kata “susu” sudah disinggung.

Dalam mitologiYunani Kuno, diceritakan tentang Dewi Hera yang menumpahkan susu saat menyusui Heracles sampai mengakibatkan munculnya Galaksi Bimasakti.

Baca juga: Keju dan Asal-usulnya.

Dalam alkitab Perjanjian Lama, dikisahkan Tuhan pernah berjanji kepada bangsa Israel untuk membawa mereka ke tanah yang berlimpah susu dan madunya.

Sedangkan Al-Quran dalam Surat An-Nahl ayat 66, menjelaskan bahwa susu merupakan mukjizat yang Allah tanamkan dalam tubuh binatang ternak.

Tradisi minum susu konon berawal dari Timur Tengah antara tahun 9000 sampai dengan 8000 SM. Kambing dan domba saat itu dijinakkan di area yang sat ini dikenal sebagai Iran dan Afghanistan.

Pada 7000 SM, ternak sapi mulai dikenal di beberapa bagian wilayah Turki. Tradisi ternak ini baru beberapa abad kemudian menyebar sampai ke Eropa.

Budaya mengonsumsi susu bervariasi di setiap daerah. Komunitas peternak di Eropa Utara, memperlakukannya sebagai sumber Vitamin D karena terbatasnya sinar matahari ke daerah mereka.

Terjadilah mutasi genetik di kalangan orang dewasa yang akhirnya menghasilkan enzim laktase atau enzim yang berfungsi menyerap dan mencerna laktosa dalam susu.

Berbeda dengan mayoritas penduduk Afrika dan Asia yang tidak terbiasa minum susu, sehingga akan menderita diare akibat lactose intolerance atau tidak mampu mencerna laktosa.

Di Indianapolis, Amerika Serikat bahkan susu menjadi tradisi kemenangan yang dilakukan oleh para juara lomba Indianapolis 500. Acara tersebut berlangsung di Indiana sebagai salah satu ajang balap mobil terbesar di dunia.

Tradisi berawal saat Louis Meyer, juara Indianapolis 500 tahun 1936, tertangkap kamera sedang minum sebotol buttermilk favoritnya setelah memenangi lomba. Foto tersebut kemudian sampai ke meja eksekutif di Milk Foudation yang melihatnya sbagai suatu peluang emas. Sejak saat itu, dia memastikan kalau setiap juara Indianapolis 500 harus menerima sebotol susu untuk diminum. Akhirnya lahirlah tradisi.

Tradisi minum susu di Indonesia diperkenalkan oleh Belanda. Pada sekitar awal tahun 1950-an, Prof. Poorwo Soedarno (Bapak Gizi Indonesia) mencetuskan Empat Sehat Lima Sempurna, dan susu sebagai penyempurnanya.

Susu memang memiliki manfaat untuk tubuh. Susu juga diketahui bisa mencegah osteoporosis, juga bisa mengoptimalkan produksi melatonin yang akan membuat tubuh bisa beristirahat dengan baik, serta meminimalisir dampak keracunan logam berat yang secara tidak sengaja masuk ke dalam tubh akibat polusi.

Tradisi minum susu sebelum tidur menjadi sebuah tradisi yang diyakini bisa membantu relaksasi dan juga meningkatkan kualitas tidur. Minum susu sebelum tidur menjadi solusi sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti minum susu hangat sebelum tidur.

Itu dia sedikit informasi tentang mengenal asal usus tradisi minum susu. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Asal Usul Tradisi Minum Susu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel