Konsultan Digital Marketing Winnr Bagikan Tips Efisiensi Biaya Iklan bagi UMKM

Di tengah kondisi ekonomi sekarang, para UMKM mengeluhkan tentang mahalnya biaya iklan. Entah iklan konvensional maupun digital, biayanya yang mahal membuat banyak pelaku UMKM untuk lebih memilih tidak memotong biaya marketing. Padahal, hal tersebut justru akan membuat pertumbuhan bisnis makin menurun.

Sejalan dengan hal ini, Winnrs.co , konsultan digital marketing terkemuka, melakukan inisiatif edukasi yang membantu para UMKM dalam membuat perencanaan iklan yang lebih optimal dan efisien.

winnr-bagikan-tips-efisiensi-biaya-iklan-bagi-umkm
Ilustrasi (Gambar: linkedin.com) 

“Pengoptimalan iklan akan membantu UMKM dalam efisiensi biaya iklan. Ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Walau demikian, bukan berarti kita tidak bisa melakukan pembenahan terhadap kampanye digital yang kita lakukan,” tutur Winnie, founder sekaligus pengisi acara utama dari event edukasi tersebut.

Ia memaparkan, bahwa pemasaran digital masih sering menghantui para pelaku UMKM. Biaya iklan yang mahal seringkali tidak sepadan dengan hasil yang didapatkan. Bahkan, hanya mendatangkan kerugian semata karena tidak mampu menghasilkan pengembalian modal.

Oleh karena itu, menurutnya para pelaku usaha sudah semestinya memanfaatkan strategi yang tepat untuk membantu memaksimalkan pendapatan. Dan yang tak kalah penting, yaitu mampu membuat pengeluaran untuk pemasaran ini jauh lebih efisien sehingga tidak membebani keuangan perusahaan.

Winnie mengatakan, bahwa selama mendirikan Winnrs dan juga telah menangani ribuan klien dari berbagai penjuru Indonesia, ia mengetahui ada beberapa tips untuk membuat iklan menjadi lebih maksimal sekaligus efisien dari segi biaya.

Menurutnya, yang paling penting yaitu memilih platform digital marketing yang tepat. Mengingat banyaknya platform digital marketing, maka para pelaku bisnis harus paham target audiens yang ingin mereka capai. Hal ini karena platform pemasaran terbaru semakin bermunculan seperti FB Ads, Google Ads, Tiktok Ads, dan lain-lain.

Selain itu, penting sekali untuk membuat perancangan biaya pemasaran yang matang. Hal ini untuk membuat biaya yang dikeluarkan nanti lebih efektif. Hal ini karena sebagia pelaku usaha tentu teliti dalam menghitung biaya iklan mulai dari menilai perhitungan berdasarkan CPM (biaya per tayangan), CPC (biaya per klik), hingga CPA (biaya per tindakan).

Ia juga menambahkan, bahwa digital marketing yang mampu menggiring trafik organik juga sangat efisien untuk menghemat biaya iklan. Contohnya dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan follower atau subscriber yang mana nantinya mereka akan tetap menonton konten kita setiap kali memperbarui konten.

Penggunaan iklan gratis lainnya seperti memasang profil di Google My Business yang akan tampak dari Google Maps juga sangat membantu. SEO juga berperan besar dalam menggiring trafik dalam jumlah yang besar tanpa harus membayar biaya iklan.

Umi Rohiyah, founder Chocomania, sekaligus peserta edukasi Winnrs.co , mengatakan “Dengan optimasi iklan yang tepat, ternyata bisa memaksimal ROI dan meningkatkan efisiensi iklan secara menyeluruh. Awalnya, saya hanya asal sekedar beriklan dan tidak pernah balik modal. Setelah mencoba mengaplikasikan ilmu yang beberapa kali saya didapatkan dari event edukasi bersama Winnrs, ternyata mampu menghasilkan perkembangan yang optimal bagi bisnis makanan ringan saya.”

“Terdapat banyak metode yang bisa dilakukan oleh UMKM dalam membantu meningkatkan efisiensi iklan. Di antaranya melalui pemanfaatan fitur layanan periklanan, penggunaan konten menarik, memahami target audiens secara tepat, hingga pemilihan platform iklan yang tepat. Kami menawarkan layanan konsultasi iklan secara  gratis bagi para UMKM yang ingin melangkah ke pemasaran digital,” pungkas Winnie.

Belum ada Komentar untuk "Konsultan Digital Marketing Winnr Bagikan Tips Efisiensi Biaya Iklan bagi UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel