Asal Usul Digunakannya Pisau dan Garpu

Mungkin menikmati makanan dengan sendok dan garpu atau terkadang pisau makan sudah menjadi hal biasa bagi kita. Namun, terlepas dari kebiasaan tersebut, mengetahui asal usul digunakannya pisau dan garpu menjadi menarik untuk dibahas.

asal-usul-digunakannya-pisau-dan-garpu
Ilustrasi (Gambar: recipereminiscing.wordpress.com)

Memang banyak pertanyaan terkait kapan orang-orang mulai menggunakan sendok, garpu atau pisau sebagai alat makan. Tentu hal tersebut menjadi pertanyaan ringan yang menarik untuk diketahui jawabannya.

Kapan Orang Mulai Menggunakan Pisau dan Garpu Untuk Makan?

Hingga abad ke-17, pisau dan sendok merupakan peralatan makan yang pernah digunakan kebanyakan rumah-rumah makan di Eropa dan sering diperlukan karena makanan yang tersaji hanya berwujud kering atau kuah, sehingga bisa dipotong atau dihirup.

Garpu besar bergigi dua hanya digunakan di dapur khusus untuk mempersiapkan makanan, meskipun penggemar makanan berkelas di Yunani dan Italia sesekali juga memakai garpu yang lebih kecil di meja makan.

Baca juga: Asal Usul Setrika.

Garpu modern bergigi empat yang melengkung tercipta di Jerman pada abad ke-18. Saat itu, ujung pisau makan berkembang menjadi agak melengkung, sehingga tidak bisa untuk menusuk lagi.

Baru pada abad ke-19, garpu menjadi lazim di Amerika Serikat, dan sering disebut sebagai ‘sendok terbelah”.

Pemakaian garpu yang terlambat ini menjelaskan kebiasaan orang Amerika dalam memotong makanan, kemudian memindahkan garpu ke tangan lain untuk menyendok makanan seperti halnya sendok.

Itu dia sedikit informasi tentang “asal usul digunakannya pisau dan garpu”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Digunakannya Pisau dan Garpu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel