Asal Usul Gulat Sumo

Anda pasti tahu tentang olahraga tradisonal khas Jepang ini, yaitu gulat Sumo. Tentu sangat menarik melihat orang bertubuh besar ini saling adu otot dan kekuatan. Namun di balik atraksi olahraga ini, mengetahui asal usul gulat sumo menjadi menarik untuk diketahui.

asal-usul-gulat-sumo
Ilustrasi (Gambar: socialstudieshelp.com)

Kalau Anda ke Jepang, jangan sampai Anda melewatkan olahraga yang satu ini, karena olahraga ini begitu menarik, dengan berbagai sejarah dan asal usulnya yang menrik.

Dari Mana Asal Usul Gulat Sumo Jepang?

Sumo memang sudah berusia ribuan tahun dan termasuk olahraga tradisional yang diasosiasikan dengan agama Shinto di Jepang selain kyudo (memanah) dan kemari (sepak bola kuno).

Pertandingan gulat ini dipertunjukkan dalam kuil-kuil sebagai tarian upacara untuk menghibur kami (dewa-dewa Shinto), agar para dewa menganugerahkan perlindungan dan panenan yang berlimpah.

Baca juga: Asal Usul Tradisi Hormat Militer.

Ritual pertarungan tersebut menggambarkan pergesekan berbagai kekuatan, yang dibutuhkan untuk  menggalang keseimbangan dan keselarasan.

Gaya adu kekuatan ini adalah penaklukan fisik dengan letupan kecil energi tinggi, yang menguntungkan orang berbobot tubuh besar.

Para pegulat pun mengembangkan cara makan dan istirahat untuk menambah berat badan.

Sumo kemudian menjadi ritual istana: kaisar; shogun; (diktator militer) dan daimyo (komandan militer kesatuan rakyat sipil) menyukainya, melimpahi juara dengan harta dan status samurai.

Selama era Kamkura Shogunate (1192-1333), sumo dikukuhkan sebagai seni bela diri dan dikembangkan menjadi olahraga profesonal, seringkali diikuti ronin (samurai tak bertuan) yang butuh uang. Hirarki ketat untuk peringkat profesional baru diperkenalkan pada abad ke -18.

Itu dia sedikit informasi tentang asal usul gulat sumo. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Gulat Sumo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel