Asal Usul Venesia

Venesia... Anda yang sering menikmati traveling dan jalan-jalan ke Eropa pasti tidak asing dengan nama daerah tersebut. Venesia merupakan ibu kota daerah Veneto dan Propinsi Venezia di Italia. Sampai saat ini Venesia menjadi tujuan wisata yang sangat populer, menjadi pusat budaya dan juga berkali-kali dinobatkan menjadi kota terindah di dunia. Sangat menarik membahas suatu daerah yang indah, begitu pula dengan asal usul Venesia yang menarik ini.

asal-usul-venesia
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock Photo)

Tidak dapat dipungkiri, selama ini kita hanya melihat suatu daerah karena kondisi wilayah atau alamnya yang bagus, tanpa melihat asal usul atau sejarah terbentuknya wilayah tersebut.

Melihat Kembali Bagaimana Venesia Italia Dibangun

Sangat menarik membahas tentang Venesia. Para migran di Venesia memilih kepulauan berawa tersebut karena bisa melindungi mereka dari penyerang asal utara yang datang melewati Pegunungan Alpen, setelah kejatuhan Kerajaan Roma pada abad keempat.

Namun sayang, mendirikan sesuatu di atas tanah yang terendam air dan lembek tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Masalah teknis dalam pengembangan kota tersebut baru bisa diatasi setelah berabad-abad kemudian.

Baca juga: Esplanade, Si Ikon Singapura.

Pada awalnya, mereka menimbun tanah untuk membentuk pondasi yang kokoh agar bisa membangun gedung di atasnya.

Namun pada abad pertengahan (abad ke-5 hingga awal abad ke-16), gedung batu berhasil didirikan di atas pondasi dari ratusan gelondong cemara atau pinus yang dipadatkan bidang tanah lembek, seperti batang-batang korek api ditekan ke permukan mentega.

Pada masa itu, para insinyur Venesia juga mulai menguasai sistem drainse, yang memungkinkan tanah menjadi lebih padat untuk pondasi bangunan. Seorang petugas pemerintahan yang disebut proto alle acque (pengawas aliran air), bertanggung jawab untuk mengatur penggalian kanal dan pembagian aliran sungai.

Proto alle acque dari zaman Renaisans yang paling berbakat adalah Cristoforo Sabbadino, yang merupakan salah seorang yang pertama menyadari bahwa tindakan manusia, seperti pembangunan saluran yang tak berizin dan kesalahan proyek reklamasi, menjadi penyebab utama kerusakan Venesia dan danaunya.

Itu dia sedikit informasi tentang asal usul Venesia. Semoga informasi tersebut bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Venesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel