Istilah Unik dalam Golf

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga mahal ini? Mulai dari orang kaya sampai orang miskin sangat tahu olahraga ini, meskipun tidak bisa menggunakannya. Golf, sudah lama olahraga ini disebut-sebut sebagai olahraga-nya orang kaya. Terlepas dari apa pun namanya, ada yang menarik dengan olahraga ini yaitu tentang istilah unik dalam golf.

istilah-unik-dalam-golf
Ilustrasi (Gambar: nationalclubgolfer.com)

Meskipun golf dikenal juga di Cina dan Belanda , ternyata Skotlandia dianggap sebagai kampung halaman golf. Olahraga ini pertama kali disebut dalam berbagai media massa Skotlandia pada tahun 1457, tetapi kemungkinan sudah dimainkan sejak 200 tahun sebelumnya.

Bahkan Musselburgh Links, yang berada di timur Edinburgh, menyatakan diri sebagai tempat golf tertua di dunia yang masih digunakan sampai sekarang.

Berbagai Istilah Unik yang Ada dalam Olahraga Golf

Berbicara tentang golf, maka tidak bisa dilepaskan dengan bahasa Skotlandia yang telah menyumbangkan istilah “putt”, yang berarti maju ke depan. Kata “caddie”, juga berasal dari kata cadet, yang berarti pemuda.

Bahkan seruan peringatan “Fore!” bisa jadi datang dari kebiasaan menyuruh “forecaddies” berjalan ke depan untuk melihat lokasi pendaratan bola golf.

Terminologi dalam golf ternyata tidak hanya semata-mata dari Skotlandia. “Fairway” justru diadaptasi dari istilah kelautan Inggris untuk menjelaskan bagian sungai atau pelabuhan yang dapat dilewati kapal.

Baca juga: Bola Golf yang Bopeng.

“Bogey” (nilai untuk memasukkan bola ke dalam lubang dengan satu kali pukulan di atas par) didapat dari Great Yarmouth Golf Club pada tahun 1890. Sebenarnya kata itu berarti nilai sasaran untuk tiap lubang dan katanya berakar dari monster pengganggu, bogeyman, yang harus ditaklukkan para pegolf sukses.

Dengan kualitas bola yang makin baik, para pegolf andal rutin mengalahkan bogey, sehingga “par” (bermakna standar, dari bahasa Latin untuk kata sejajar) diperkenalkan untuk nilai sasaran yang lebih rendah. Akhirnya bogey berarti nilai yang diberikan saat bola berhasil dimasukkan dengan satu kali pukulan di atas par.

“Birdie” (satu di bawah par) datang dari Amerika Serikat. Menurut cerita , sekitar 1900, sejumlah pemain di Atlantic City Country Club di New Jersey menyatakan bahwa pukulan yang mengarah kepada nilai itu disebut “bird” (baik), dan bagaimana ceritanya, sampai saat ini nama tersebut terus digunakan. Dua dibawah par menjadi “eagle”, dan tiga di bawah par menjadi “albatross”.

Itu dia sedikit informasi tentang “istilah unik dalam golf”. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang istilah-istilah baru.

Belum ada Komentar untuk "Istilah Unik dalam Golf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel