Tips Menghindarkan Anak dari Narkoba

Siapa yang mengira kalau bahaya narkoba sudah pada taraf yang sangat memprihatinkan. Peredarannya tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun juga terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua tentu saja hal ini harus diwaspadai, hal ini disebabkan karena bahayanya yang tidak hanya memiliki dampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, tapi juga bisa menghancurkan masa depan mereka. Tips menghindarkan anak dari narkoba menjadi ide dasar kali ini, untuk mengingatkan kita sebagai orang tua agar narkoba tidak sampai hadir dalam kehidupan anak-anak.

tips-menghindarkan-anak-dari-narkoba
Ilustrasi (Gambar: english.theleader.lk)

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Tidak dapat dipungkiri bahaya dan juga dampak narkoba menjadi semakin meresahkan, khususnya pada keluarga. Hal ini disebabkan kandungan yang ada pada narkoba yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan jika disalahgunakan.

Cara Memproteksi Keluarga, Khususnya Anak dari Jeratan Narkoba

Bagi kita, bahkan semua orang sudah memberikan label negatif pada narkoba. Untuk itulah, maka kita harus mencegah dan menghindarinya agar siapa pun khususnya keluarga dekat, apalagi diri kita tidak terjerat narkoba.

Baca juga: Awas Narkoba!

Terdapat enam cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan anak dari jeratan narkoba (Yayasan Cinta Anak Bangsa), antara lain:

1. Bangun hubungan

Kenalilah anak secara  personal dan ketahui pula kebutuhan emosional dan tingkat stress yang dihadapinya.

2. Ikut serta dalam hidup anak.

Ikutilah kegiatan kesehariannya dan selalu ada untuknya di saat-saat penting  dalam hidupnya (waktu-waktu krusial: makan pagi, pulang sekolah, waktu makan malam dan sebelum tidur).

3. Komunikasi efektif.

Luangkan waktu untuk mendengarkan dan bicara kepada anak.

4. Buatlah batasan bagi anak.

Hal ini akan membuat mereka mengenal disiplin. Ajari pula konsekuensinya kepada anak.

5. Ajari anak kemampuan yang harus dikuasainya.

Kemampuan tersebut antara lain kemampuan meningkatkan diri (kepercayaan diri, menanggulangi masalah dan mengambil keputusan), kemampuan berinteraksi (kemampuan mendukung dan menangani konflik) dan kemampuan lain, seperti penentuan tujuan dan mengidentifikasi talenta.

6. Kenali media yang dilihat, didengar dan diikuti anak.

Yang dimaksudkan disini adalah mengenali media tersebut dan menikmatinya bersama anak untuk lebih mengenal kepribadian dan cara berpikirnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips menghindarkan anak dari narkoba”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghindarkan Anak dari Narkoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel